Gandeng ARPL, Pemkab Kediri Gelar Gerakan Penghijauan di Lereng Wilis

Gandeng ARPL, Pemkab Kediri Gelar Gerakan Penghijauan di Lereng Wilis Pj Sekdakab Kediri, Adi Suwignyo, saat ikut melakukan penanaman bibit pohon bersama Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Dodi Purwanto (kanan), dan Koordinator ARPL Kediri, Ari Purnomo Adi (kiri). Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkab menggandeng para relawan lingkungan yang tergabung dalam Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPL) di wilayahnya dalam di Lereng Wilis, tepatnya di Dusun Kajar, Desa Kalipang, Kecamatan Grogol Sabtu (17/12/2022).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati HMPI (Hari Menanam Pohon Indonesia) dan Bulan Menanam Pohon Indonesia tahun ini. Selain dihadiri oleh Pj. Sekda Kabupaten , Adi Suwignyo, juga hadir Ketua DPRD Kabupaten , Dodi Purwanto.

Sedangkan pohon yang ditanam dalam gerakan ini adalah bibit buah produktif seperti alpukat, nangka, manggis, petai, durian dan jambu. Dalam satu tahun, DLH Kabupaten menyediakan total 35.000 bibit yang akan ditanam di sejumlah lahan kritis di Kabupaten .

Koordinator ARPL , Ari Purnomo Adi, sangat mengapresiasi gerakan yang diinisiasi oleh DLH Kabupaten ini. Menurut dia, apa yang dilakukan Pemkab ini, merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup seperti untuk mencegah terjadinya tanah longsor.

"Ada pemahaman baru dari Pemkab seperti yang disampaikan oleh Pak Sekda (Pj. Sekdakab ) bahwa menanam adalah satu titik awal. Tapi ada yang lebih penting yaitu perubahan paradigma yaitu mengubah mindset agar pro lingkungan. Kami sangat mengapresiasi gerakan ini," ujarnya usai melakukan penanaman.

Peringatan ini berdasarkan pada keputusan presiden RI Nomor 24 Tahun 2008. Keputusan Presiden itu menyatakan, tanggal 28 November ditetapkan sebagai HMPI dan bulan Desember sebagai bulan Menanam Nasional. Pencanangannya dilakukan oleh Presiden di Pusat Penelitian Limnologi, Cibinong Science Center, LIPI, Jalan Raya Bogor KM 46, Cibinong, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat pada tanggal 28 November 2008 lalu. (uji/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO