Peringati Hari Ibu, Pemkab Kediri Gelar Lomba Hingga Pameran Pakaian Khas

Peringati Hari Ibu, Pemkab Kediri Gelar Lomba Hingga Pameran Pakaian Khas Peserta lomba merangkai bunga dari sayur dan buah lokal sedang memamerkan hasil karyanya. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Memperingati Hari Ibu 2022, Pemerintah Kabupaten Kediri melalui dinas pengendalian penduduk keluarga berencana pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (DP2KBP3A) menggelar lomba merangkai bunga dari sayur dan buah lokal. Selain itu, ada pula pameran pakaian khas.

Khusus lomba merangkai bunga, DP2KBP3A memprioritaskan peserta perempuan kepala keluarga. Dengan begitu, perempuan-perempuan ini diharapkan mampu berdaya dan mandiri.

“Harapannya para perempuan ini lebih berdaya karena mereka harus mencari kecukupan ekonomi sendiri,” terang Kepala Nurwulan Andadari di sela-sela lomba merangkai bunga di Ruang Jayabaya Kantor Pemerintah Kabupaten Kediri, Rabu (14/12/2022).

Andadari mengungkapkan, angka perempuan kepala keluarga di Bumi Panjalu cukup besar. Sekira 80.000 perempuan kepala keluarga, yang mana 30.000 di antaranya usia produktif.

Dengan besarnya angka tersebut, Pemerintah Kabupaten Kediri berkomitmen untuk mendorong pemberdayaan perempuan dengan memberikan pembinaan-pembinaan serta fasilitasi lainnya.

Menurutnya, penyajian buah dan sayur dalam bentuk bunga-bunga yang apik itu dapat diaplikasikan di rumah untuk menarik anak-anak makan sayur dan buah.

Dengan makanan yang menarik dengan gizi seimbang, otomatis akan dapat menekan angka stunting di Kabupaten Kediri. Di mana hal ini dapat mencapai target one digit stunting pada 2024 yang dicanangkan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO