Bupati Slamet Junaidi-Bawaslu Sampang Launching Gakkumdu Pemilu 2024

Bupati Slamet Junaidi-Bawaslu Sampang Launching Gakkumdu Pemilu 2024 Bupati Sampang Slamet Junaidi saat melaunching gakkumdu ditandai dengan pemukulan gong. Foto: MUTAMMIM/ BANGSAONLINE

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Bupati Sampang H. me-launching sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) Pemilu 2024, sekaligus menyosialisasikan pencegahan pelanggaran netralitas ASN, TNI, dan Polri di Hotel Wisata Camplong, Selasa (13/12/2022).

"Kami selaku kepala daerah mendukung dan mensupport netralitas ASN. Sebab, ini menyangkut pesta demokrasi yang jujur dan adil," ucap bupati saat menyampaikan sambutan.

Bupati mengingatkan, netralitas ASN sangat dipertaruhkan pada pemilu yang akan datang. Sebab, pesta demokrasi sebelumnya, masih ada ASN yang terlibat memberi dukungan pada pasangan calon saat pemilihan.

"Jika ditemukan ketidaknetralan ASN kembali, maka sekretaris daerah sebagai panglima ASN perlu memberikan punishment sesuai undang-undang yang berlaku," tegasnya.

Sementara Ketua Bawaslu Sampang, Insiyatun, menjelaskan gakkumdu adalah sentra penegakan hukum terpadu yang terdiri dari kejaksaan, kepolisian, dan juga bawaslu. Ketiganya khusus untuk menangani terkait dengan tindak pidana pemilu.

"Dalam pelaksanaan pemilu, apabila ditemukan tindak pidana pemilu serta terbukti secara syarat formil dan materil, maka gakkumdu yang akan tindak lanjuti," ucapnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO