Buka Kongres XV IPI, Khofifah Tekankan Pentingnya Peningkatan Literasi dan Ekosistem Digital

Buka Kongres XV IPI, Khofifah Tekankan Pentingnya Peningkatan Literasi dan Ekosistem Digital Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat membuka Kongres XV dan Seminar Ilmiah Nasional Ikatan Pustakawan Indonesia. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, membuka Kongres XV dan Seminar Ilmiah Nasional Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Tahun 2022, Selasa (1/11/2022). Agenda yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional RI itu mengangkat tema 'Peran Pustakawan dalam Ekosistem Digital Nasional'.

Dalam sambutannya, gubernur menekankan pentingnya peningkatan literasi digital, ekonomi, hingga keuangan bagi pustakawan Indonesia. Ia mengatakan bahwa berdasarkan prediksi Jack Ma sebagai pemilik e-commerce terbesar di dunia, tulang punggung perekonomian dunia adalah UMKM pada 2030.

"99 persen UMKM di dunia Will be Online, 85 persen Will be e-commerce. Inilah kenapa pada kongres ke-15 ini sangat tepat bagaimana perpustakaan harus mengikuti perubahan ekosistem digital," ujarnya.

Berdasarkan hal tersebut, kata , semua pihak yang setuju maupun tidak harus memasuki ekosistem digital dan banyak masyarakat yang berjualan secara daring saat ini. Jika tidak cukup, mereka menjual produknya dengan membuat e-commerce.

"Maka komunitas-komunitas yang memungkinkan bisa memberikan penguatan pada digital ekosistem menjadi sangat penting," tuturnya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO