Ratusan Relawan Gotong Royong Tanam Pohon di Lereng Gunung Kelud

Ratusan Relawan Gotong Royong Tanam Pohon di Lereng Gunung Kelud Aksi relawan saat melakukan penanaman pohon di lereng Gunung Kelud. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ratusan relawan yang tergabung dalam Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPL) melakukan aksi tanam di lereng Gunung sisi utara tepatnya di di Buffer Zone CA. Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten , Minggu (30/10/2022).

Koordinator ARPL , dr. Ari Purnomo Adi, mengatakan bahwa aksi tanam di kawasan  dengan kemiringan lebih dari 60-70 derajat ini dilakukan sebagai upaya mitigasi bencana tanah yang beberapa kali terjadi di daerah tersebut.

Menurut dia, yang dipilih dan dinilai cocok untuk ditanam di lokasi dengan kemiringan lebih dari 50 derajat tersebut adalah jenis ficus, pule dan terbesi yang mempunyai akar kuat sehingga dapat mengurangi potensi bahaya .

Karena ada lokasi yang dinilai berbahaya, kata Ari, pihaknya telah mempersiapkan tim dengan keahlian khusus dan peralatan yang mencukupi, untuk melakukan penanaman di lereng Gunung itu.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Desa Besowo, Muspika Kecamatan Kepung, BPBD Kabupaten , BKSDA, Perhutani, dinas kehutanan, Pramuka, masyarakat sekitar dan tentunya kawan-kawan relawan yang bersama-sama ikut mensukseskan acara ini," ujarnya.

Sebelumnya, lanjut Ari, para relawan juga sudah melakukan aksi tanam dan perawatan di Cagar Alam Manggis Gadungan atau Alas Simpenan di Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten .

"Di Kabupaten ini memang memiliki dua cagar alam di kawasan hutan milik Perhutani dan keduanya terletak di lereng Gunung . Yang pertama adalah Cagar Alam Manggis (Alas Simpenan) di Kecamatan Puncu dan yang satunya Cagar Alam Besowo di Kecamatan Kepung," paparnya.

Para relawan yang tergabung dalam ARPL bakal melakukan penanaman secara berkesinambungan selama musim penghujan tahun ini. Tidak hanya di kedua kawasan cagar alam itu saja, melainkan juga dilakukan di kawasan lain yang dinilai kritis terutama di kawasan sumber air di Kabupaten . (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO