Beri Efek Jera Penunggak Pajak, DJP Jatim II Gelar Lelang Serentak Barang Sitaan

Beri Efek Jera Penunggak Pajak, DJP Jatim II Gelar Lelang Serentak Barang Sitaan Kakanwil DJP Jatim II, Agustin Vita Avantin, saat membuka Lelang Serentak Eksekusi Aset Sitaan. Foto: MUSTAIN/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur (Jatim) II bekerja sama dengan Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jatim menggelar Lelang Serentak Eksekusi atas aset sitaan, Senin (10/10/2022). Agenda tersebut merupakan yang perdana.

Lelang serentak yang diinisiasi Kanwil DJP Jatim II ini bertujuan untuk mengoptimalisasikan penerimaan negara dan memberikan efek jera (deterrent effect) kepada penunggak secara luas. Lelang digelar secara daring melalui situs www.lelang.go.id yang dikelola oleh Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).

Di kegiatan ini, sebanyak 19 aset dilelang dengan total nilai limit sebesar Rp967 juta yang berasal dari 16 Wajib Pajak (WP) pada 13 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di lingkungan Kanwil DJP Jatim II. Aset yang dilelang berupa dua bidang tanah, satu unit ruko, empat unit mobil, satu unit dump truck, sembilan unit motor, perhiasan emas, serta iPhone.

Kepala Kanwil DJP Jatim II, Agustin Vita Avantin, mengucapkan terima kasih atas dukungan Kanwil DJKN Jatim dalam penyelenggaraan lelang bersama. Menurut dia, kegiatan ini sebagai bentuk sinergi Kemenkeu Satu.

Lelang Bersama ini diharapkan semakin massif di masa mendatang. Kata Vita, tidak hanya dilaksanakan di Kanwil DJP Jatim tetapi juga digelar oleh Kanwil DJP dan DJBC se-Jawa Timur bersinergi dan berkolaborasi dengan Kanwil DJKN Jatim.

Vita juga memberikan apresiasi kepada seluruh petugas  yang telah bekerja keras dalam rangka penegakan hukum untuk mengamankan penerimaan negara. Ia menegaskan, tindakan ini diharapkan dapat memberikan efek jera bagi WP penunggak

"Sekaligus memberikan edukasi bagi WP pada umumnya tentang wewenang DJP untuk melakukan penyitaan dan pelelangan atas aset penunggak ,” ujarnya.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO