ISPA Banyak Menyerang Warga Jember di Tahun 2013

JEMBER (BangsaOnline) - Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut () banyak menyerang warga Kebupatan selama tahun 2013. Hal itu terungkap saat Dinas Kesehatan merilis 6 jenis penyakit yang kerap menyerang warga di pada tahun 2013.

Enam jenis penyakit tersebut masing-masing sebanyak 172.000 kasus, erikutnya Hipertensi sebanyak 69.000 kasus, Diare sebanyak 67.000 kasus, Infeksi Tenggorokan sebanyak 58.000 kasus, gangguan pencernaan sebanyak 56.000 kasus, dan nyeri otot sejumlah 48.000 kasus.

Kepala Humas Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab , Yumarlis SH menerangkan, keenam penyakit tersebut benar-benar harus diwaspadai, terutama penyakit . Pasalnya, ujar dia, sangat mudah menular melalui lingkungan yang tidak bersih. Selain penyakit yang menyebar akibat faktor lingkungan, seperti , masyarakat juga dihantui dengan besarnya jumlah kasus penyakit yang tidak menular, seperti Hipertensi, Hiper Kolesterol, dan Gula Darah.

"Untuk menjegah atau mengurangi jumlah pengidap penyakit-penyakit tadi, pihaknya selalu melakukan sosialisasi dan menghimbau kepada masyarakat untuk berperilaku hidup sehat dan menjalankan pola makan yang baik,"kata Yumarlis.
''Data-data yang kami rilis berasal dari laporan 49 Puskesmas yang ada di seluruh wilayah Kabupaten selama tahun 2013. Diharapkan, pada tahun 2014 angka itu bisa berkurang,'' katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO