Dishutbun Sumenep Gelontorkan 60 Ribu Batang Bibit Tembakau Gratis

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Sumenep terus meningkatkan kualitas dan produksi tembakau pada musim tanam tahun 2015. Melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Sumenep, telah menggelontorkan bantuan bibit tembakau gratis sebanyak 60 ribu kepada puluhan kelompok tani (Poktan).

Pemberian bantuan secara simbolis diberikan langsung Kepala Dishutbun Sumenep Herman Poernomo, dalam acara sosialisasi Kegiatan Mendorong Pembudidayaan Bahan Baku dengan Kadar Nikotin Rendah, di Aula Dishutbun Sumenep, Kamis (24/4) pagi.

Kepala Dishutbun Sumenep Herman Poernomo menjelaskan, bantuan diberikan berupa benih bibit sebanyak 800 kg, untuk 20 Poktan, yang tersebar di 15 kecamatan daratan Sumenep.

"Dari 20 titik, masing-masing akan diberikan penangkaran sebanyak 800 kg, untuk 0,25 hektare. Setiap titik itu ditargetkan minimalnya bisa menghasilkan sabanyak 3 juta batang. Jadi kalau sebanyak 20 titik bisa menghasilkan sekitar 60 juta bibit," katanya.

Menurut Ipunk, sapaan akrab Herman Poernomo, bibit yang diberikan secara cuma-cuma itu merupakan jenis bibit N 1, atau sama dengan jenis bibit yang biasa ditanam di daerah Kecamatan Pasongsongan.

Bantuan ini dinilai telah mencukupi kebutuhan petani. Sebab, sesuai ploting area 21.893 hektare dengan target produksi 13.136 ton. Sedangkan kebutuhan bibit sebanyak 547.325.000 batang, dengan luas areal 21.893 hektare.

"Kami harap adanya bantuan ini benar-benar dimanfaatkan maksimal, sehingga produktivitas tembakau petani meningkat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO