Labkesda, Wujud Pelayanan Kesehatan Prima bagi Masyarakat Sumenep

Labkesda, Wujud Pelayanan Kesehatan Prima bagi Masyarakat Sumenep Bupati Sumenep Achmad Fauzi meresmikan Gedung Labkesda, Jumat (11/3/2022).

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Pembangunan Gedung UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten merupakan usaha pemerintah kabupaten (pemkab) dalam memberikan pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat.

"Labkesda peruntukannya guna memberikan pelayanan seperti pemeriksaan darah, urine dan pemeriksaan lainnya yang sangat penting untuk menentukan suatu diagnosa penyakit. Gedung baru Labkesda itu sangat penting untuk pelayanan kesehatan masyarakat, sehingga bisa menjadi laboratorium rujukan melalui kerja sama dengan BPJS," kata Bupati  usai meresmikan Gedung Labkesda, Jumat (11/3/2022).

Petugas Labkesda terus berupaya mengembangkan diri agar menjadi sebuah laboratorium yang motivatif, inisiatif, kreatif dan inovatif, sehingga masyarakat bisa mendapatkan layanan pemeriksaan laboratorium yang lengkap dan bermutu.

“Untuk itu saya tekankan supaya keberadaan Labkesda harus diimbangi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) agar salah satu prioritas program pemerintah Kabupaten untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih maksimal bisa terwujud,” terangnya.

Di sisi lain, kata bupati, paradigma pelayanan pengujian dan pemeriksaan klinis secara cermat harus berbasis jam atau bahkan menit bukan lagi berbasis harian. Hal itu supaya masyarakat yang membutuhkan segera memperoleh hasil pemeriksaan kesehatannya.

“Diharapkan, keberadaan Labkesda ini mampu mempercepat kinerja pemeriksaan, karena terkait dengan pelayanan adalah kecepatan dan ketepatan,” terangnya.

Peresmian Gedung Labkesda ditandai dengan penandatanganan prasasti serta pemotongan pita, dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti Puskesmas Gapura dan Ambunten.

Seusai meresmikan Gedung Labkesda di Jalan Trunojoyo Desa Kolor, Kecamatan Kota , bupati bersama rombongan, diantaranya, Wakil Bupati Hj. Dewi Kholifah, Kapolres AKBP Rahman Wijaya, Dandim 0827 , Letkol Inf. Nur Cholis, beserta Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Agus Mulyono meninjau ke setiap ruangan Labkesda.

Dalam kesempatannya Agus Mulyono menjelaskan, pelayanan yang ada di Labkesda sudah lengkap, mulai dari cek darah, bakteriologi hingga tes swab Covid-19.

"Kami menyiapkan infrastruktur yang bagus dan memadai untuk mendukung “Bismillah Melayani”, dalam bidang kesehatan untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat," tandaasnya. (aln/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO