Hari ini Dindik Situbondo Jemput Naskah Unas

SITUBONDO (BangsaOnline) - Dinas Pendidikan (Dindik) akan menjemput naskah soal ujian nasional (Unas) di Surabaya, hari ini (3/4). Kabupaten mendapatkan bagian pertama mengambil soal ujian nasional yang akan digelar 14 April mendatang.


Pengambilan naskah soal ujian dilakukan lebih awal dikarenakan khawatir terganggu pelaksanaan pemilu legislative 9 april mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Fathor Rakhman mengatakan, Pengambilan soal ujian nasional ini akan dikawal ketat aparat kepolisian untuk menjaga keamanan soal ujian. “Setelah sampai di , Dinas Pendidikan

akan menyimpan naskah soal ujian di Mapolres demi keamanan,” ujar Fathor Rakhman.

Data yang diterima menyebutkan, tahun ini peserta ujian nasional tingkat SLTA di sebanyak 7 ribu 346 siswa. Berbeda dengan tahun sebelumnya, peserta ujian nasional terbanyak dari siswa SMK yaitu 2.739 orang siswa.

Selanjutnya peserta ujian nasional dari SMA sebanyak 2 ribu 581 orang siswa, sedangkan siswa Madrasah Aliyah sebanyak 2 ribu 026 orang siswa.

Fathor Rakhman mengaku pelaksanaan ujian nasional tahun ini akan lebih siap dari tahun sebelumnya. Yang menarik Kata Fathor Rakhman, sekolah swasta di

saat ini makin berkembang bagus menyusul meningkatnya jumlah peserta ujian nasional dari sekolah swasta tahun ini.

“Perkembangan jumlah peserta ujian dari sekolah swasta ini salah satu penyebabnya karena semakin bagusnya fasilitas sekolah swasta di ,”ujarnya.

Tidak hanya itu, menurutnya bantuan operasi siswa atau BOS untuk siswa tingkat SLTA juga mempengaruhi angka putus sekolah. Saat ini Kata Fathor Rakhman, makin banyak siswa melanjutkan ke SLTA karena tertopang bantuan dana BOS dari Pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kembalikan Formulir Bacabup ke PDIP Situbondo, Rio Patennang Berharap Wakilnya dari PDIP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO