Berlangsung Tiga Hari, Pelatihan Akademi Desa Wisata Diisi Narasumber Tingkat Lokal dan Nasional

Berlangsung Tiga Hari, Pelatihan Akademi Desa Wisata Diisi Narasumber Tingkat Lokal dan Nasional Hasanuddin Ali, Direktur Alvara Research Center, salah satu narasumber dalam pelatihan Akademi Desa Wisata yang diikuti 500 pelaku dan pegiat desa wisata se-Jawa Timur.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Program pelatihan bernama (Demi Dewi) yang telah diselenggarakan selama tiga hari, 2 - 4 Februari 2022, dinyatakan selesai dan resmi ditutup.

Pelatihan yang dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, , itu diikuti 500 pelaku dan pegiat yang berasal dari 190 berbasis BUM Desa di Jatim. Mereka mengikuti Demi Dewi setelah melalui serangkaian proses seleksi.

"Demi Dewi merupakan bagian dari program yang mendukung penguatan Dewi Cemara (Desa Wisata Cerdas, Mandiri, dan Sejahtera)," ujar Dwi Ariady Kusuma selaku Ketua Pelaksana Demi Dewi, Jumat (4/2).

Ari menjelaskan, Demi Dewi merupakan pusat pelatihan dan pengembangan keterampilan bagi pengelola dengan pendekatan kreatif, inovatif, dan produktif demi terwujudnya destinasi yang berkualitas dan berkelanjutan.

Selama tiga hari, akademi menghadirkan sejumlah narasumber mulai tingkat lokal hingga nasional. Narasumber di hari pertama, Heralda Safira (Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2019), Dra. Susiati, M.M. (Kabid Destinasi Pariwisata Disbudpar Jatim), dan Endah Binawati, S.P., M.Si. (Kabid PUEM DPMD Jatim).

Kemudian di hari kedua, Nia Niscaya, S.H., M.B.A. (Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf), Rachman Subiyantoro (Pemimpin Divisi Dana dan Jasa Bank Jatim), Khoirul Anwar (Founder Times Indonesia), dan Hasanuddin Ali (Direktur Alvara Research Center).

Lalu di hari ketiga, Agus Wiyono (Ketua East Java Ecotourism Forum), Novianto Edi Suharno (Wakil Dekan Vokasi Unair/Pakar Pariwisata), serta praktisi dari Mercury Media Group.

"Program ini mendapat dukungan penuh dari tiga OPD Pemprov Jatim, yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi (DPMD), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, serta Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur," terang Ari Kusuma.

Pelatihan akademi ini juga didukung oleh sejumlah institusi, di antaranya Fakultas Vokasi Universitas Airlangga dan Bank Jatim, serta beberapa pihak swasta meliputi Hotel Novotel Samator Surabaya Timur, Blesscon Bata Ringan, Kopnuspos, PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia, PT. Pelindo III, Shoope, Pocari Sweat. (mdr/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO