Dikirab Keliling Kota, Bupati-Wabup Gresik Perankan Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dikirab Keliling Kota, Bupati-Wabup Gresik Perankan Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim

Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Kamis, 09 Maret 2017 16:56 WIB

Bupati Sambari dan Wabup Qosim memerankan Sunan Giri dan Syekh Maulana Malik Ibrahim saat prosesi kirab budaya. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati-Wabup Gresik Sambari Halim Radianto - Moh. Qosim didampingi sejumlah pejabat Forkopimda menggelar kirab budaya dengan mengelilingi jalan Protokol di kota Gresik, Kamis (9/3). Kegiatan itu untuk memeriahkann HUT Pemkab Gresik dan Hari Jadi Kota Gresik ke 530 yang jatuh pada 29 Februari dan 9 Maret 2017.

Sebelum dikirab, Bupati menyatakan kepada sejumlah wartawan bahwa pihaknya akan segera merealisasikan pembangunan Islamic Centre.

"Kamis(16/3) depan kami akan mengumpulkan Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat sekitar untuk menyosialisasikan pembangunan Islamic Centre tersebut. Dan pada bulan ini juga, proses lelang proyek Islamic Centre senilai 20 milliar rupiah ini akan kami laksanakan," kata Bupati.

Pembangunan Islamic Centre ini semakin menggairahkan semangat Bupati beserta anggota Forkopimda dan para petinggi Gresik dalam menggelar kirab. Hal ini karena mereka tengah memerankan tokoh-tokoh penyebar Islam.

Mulai Bupati Sambari yang memerankan Raden Paku alias Ainul Yaqien alias Prabu Satmoto atau Kanjeng Sunan Giri. Dikisahkan, bahwa prosesi penobatan Prabu Satmoto (Sunan Giri) terjadi pada 9 Maret 1487 lalu.

Saat ini, penobatan itu direkontruksi kembali di Masjid Sunan Giri. Kejadian itulah yang dijadikan tonggak sebagai hari Jadi kota Gresik yang saat ini sudah memasuki usia yang ke-530 tahun.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   hut gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video