Pernah Tersangkut Perkara Narkotika, Bawaslu Blitar Ganti Calon Terpilih Panwascam Wonotirto | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pernah Tersangkut Perkara Narkotika, Bawaslu Blitar Ganti Calon Terpilih Panwascam Wonotirto

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Akina Nur Alana
Jumat, 24 Mei 2024 13:00 WIB

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Satu anggota panwascam berinisial EAY asal Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar diganti oleh . Pergantian ini dilakukan setelah digelar rapat pleno oleh .

EAY diganti karena memiliki rekam jejak pidana. Calon anggota Panwascam Wonotirto terpilih itu digantikan oleh Luluk Mela Adila sesuai hasil pleno.

Keputusan ini diambil setelah adanya tanggapan masyarakat terkait rekam jejak calon anggota Panwascam Wonotirto EAY yang dinilai tidak memenuhi syarat integritas dan kredibilitas.

"Dalam upaya menjaga kepercayaan publik terhadap proses pemilu, memastikan bahwa proses pergantian dilakukan secara transparan dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Nur Ida Fitria, Ketua , Jumat (24/5/2024).

Ida mengatakan pihaknya hingga waktu tanggapan dan masukan masyarakat berakhir pada 17 Mei 2024 tidak menerima aduan terkait yang bersangkutan. Namun diakuinya, ada pihak yang menyerahkan putusan nomor 156/Pid.Sus/2020/PN Sby atas kasus narkotika yang menjerat EAY.

"Dalam putusan tersebut, yang bersangkutan diancam dengan UU Nomor 35 tahun 2009 pasal 112 ayat 1 dengan tuntutan pidana 4 tahun dan maksimal 12 tahun. Hal ini kami kaji dan konsultasikan ke pimpinan kami, karena yang bersangkutan menjalani vonis hukuman kurang dari lima tahun. Sementara menurut yang bersangkutan ketika diklarifikasi memahami syarat administrasinya tidak pernah dihukum pidana 5 tahun penjara," jelas Ida.

Ida menjelaskan pihaknya berhati-hati dan melakukan konsultasi serta klarifikasi ke beberapa pihak untuk mendapatkan keputusan yang tepat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video