Gerhana Matahari Hibrida Bisa Disaksikan di Seluruh Indonesia pada Ramadhan Tahun ini | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gerhana Matahari Hibrida Bisa Disaksikan di Seluruh Indonesia pada Ramadhan Tahun ini

Editor: Annisa'a Ambarnis
Jumat, 24 Maret 2023 12:18 WIB

Fenomena Gerhana Matahari Hibrida Pada Ramadhan Tahun Ini akan Dapat Disaksikan Diseluruh Indonesia. Foto: Ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Pada Ramadhan 2023 ini akan diwarnai dengan fenomena gerhana Matahari hibrida di Indonesia. Fenomena gerhana Matahari ini hampir dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

Andi Pangerang selaku Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan gerhana Matahari hibrida akan muncul di Indonesia pada penghujung Ramadhan 1444 Hijriah.

"Tepatnya 29 Ramadhan 1444 H, bertepatan dengan 20 April 2023 akan terjadi fenomena gerhana Matahari hibrida", ujar Andi pada Jum'at (24/3/2023).

Andi menjelaskan bahwa gerhana Matahari hibrida merupakan kombinasi antara gerhana Matahari total dan gerhana Matahari cincin dalam garis waktu yang sama.

Fenomena ini akan terjadi dengan munculnya gerhana Matahari cincin kemudian berubah menjadi gerhana Matahari total dan kembali lagi menjadi gerhana Matahari cincin dalam waktu singkat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video