IPM Kota Kediri Naik 0,37 Persen, Kualitas Hidup Warga Makin Meningkat

IPM Kota Kediri Naik 0,37 Persen, Kualitas Hidup Warga Makin Meningkat Senam Ibu Hamil (Bumil), salah satu upaya untuk meningkatnya kualitas hidup warga. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada Tahun 2021 menyebutkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami peningkatan dibanding tahun 2020, yakni sebesar 0,37 persen. Hal tersebut mengindikasikan meningkatnya kualitas hidup warga.

“Tahun 2021 IPM berada di angka 78,60, mengalami peningkatan sebesar 0,37 persen dibandingkan tahun 2020 sebesar 78,23,” terang Lilik Wibawati, Kepala BPS saat dijumpai di ruang kerjanya, Kamis (6/1/2022).

Menurutnya, tren IPM terus mengalami peningkatan berturut-turut setiap tahunnya sejak tahun 2010.

Adapun pengukuran tersebut didasarkan pada tiga dimensi ukuran kualitas hidup. Meliputi kesehatan dilihat dari umur panjang dan hidup sehat; dimensi pengetahuan ditinjau dari harapan lama sekolah (HLS) dan rata-rata lama sekolah (RLS); serta dimensi standar hidup layak yang direpresentasikan oleh pengeluaran per kapita.

Dari ketiga dimensi tersebut, di tahun 2021 kemarin, Lilik menyebut semuanya mengalami kenaikan. “Kualitas kesehatan dan pendidikan, serta pengeluaran per kapita masyarakat , seluruhnya mengalami peningkatan,” tandasnya.

Lilik juga menyoal urgensi dari survei . Sebab, hal ini bermanfaat untuk menentukan arah kebijakan tentang bagaimana memberdayakan manusia.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO