Stabilkan Harga Minyak Goreng, Pemprov Jatim Gelar Operasi Pasar

Stabilkan Harga Minyak Goreng, Pemprov Jatim Gelar Operasi Pasar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, saat menyerahkan minyak kepada warga.

SIDOARJO, BANGSONLINE.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menggelar di Halaman TK Al Ahmad, Magersari, Kabupaten Sidoarjo, Kamis (6/1). Dalam agenda tersebut, menyediakan 600 paket dengan total 1.200 kantong minyak kemasan sederhana dengan berat masing-masing kantong 1 liter.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan bahwa pihaknya berupaya menjaga daya beli masyarakat serta stabilisasi harga di Jawa Timur. Di antaranya, dengan mendistribusikan 75.312 liter sejak 14 Desember 2021 sampai 4 Januari 2022 seharga Rp14 ribu.

Minyak itu didistribusikan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim, oleh kabupaten/kota, serta distribusi dari produsen langsung ke masyarakat.

"Saat ini pemprov menggelontorkan sebanyak 2.000 liter. Sebanyak 1.200 liter yang kita saksikan saat ini, sisanya dilakukan di tempat lain," tuturnya.

Minyak subsidi dari tersebut dibanderol dengan harga Rp12 ribu/kantong, dan setiap pembeli diwajibkan membawa KTP sebagai syarat dengan maksimal pembelian dua kantong minyak. Ribuan liter itu didistribusikan ke dua wilayah, Sidoarjo 1.200 liter, dan Surabaya 800 liter dengan harapan untuk membantu stabilisasi harga di masyarakat.

Diektahui, harga pasaran kini antara Rp18-19 ribu/liter. Sementara dalam hari ini, dibanderol dengan harga Rp12 ribu karena dari nilai Rp14 ribu, memberikan subsidi lagi sebesar Rp2 ribu.

Ia berharap, dalam waktu dekat terdapat program intervensi stabilisasi harga dari pemerintah pusat yang nantinya bisa sampai di tingkat konsumen dengan harga maksimal Rp14 ribu/liter sehingga bisa lebih terjangkau dan meringankan masyarakat.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO