Banjaragung Ditetapkan Sebagai Desa Berdaya, Wabup Mojokerto Berharap Kesejahteraan Warga Meningkat

Banjaragung Ditetapkan Sebagai Desa Berdaya, Wabup Mojokerto Berharap Kesejahteraan Warga Meningkat Wakil Bupati Mojokerto, Muhammad Al Barra (Gus Barra), didampingi Forkopimcam ketika meresmikan Banjaragung sebagai Desa Berdaya.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com , Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, ditetapkan sebagai salah satu di (). Peresmian yang merupakan program dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) itu dihadiri Wakil Bupati Mojokerto, Muhammad Al Barra, Rabu (29/12).

mengapresiasi Kepala , tokoh masyarakat, dan kolompok ibu-ibu PKK setempat yang telah serius dalam bersinergi membangun desa untuk kesejahteraan warganya dalam rangka menuju desa mandiri.

"Saya sangat mendukung sekali program , karena akan dapat menciptakan kesejahteraan masyarakat desa setempat. Program ini juga menumbuhkan inovasi yang mampu menggerakkan roda perekonomian desa yang berbasis potensi, dan sumber daya secara kreatif dan berkelanjutan," ujarnya, Rabu (29/12).

Pemerintah desa juga diharapkan lebih semangat dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat, dengan menumbuhkembangkan Industri Kecil Menengah (IKM) maupun produk-produk olahan rumahan. Sehingga, hal itu dapat menjadi daya tarik sendiri bagi warga yang berkunjung di untuk membeli bermacam macam produk IKM atau hasil olahan rumahan.

"Saya doakan, setelah di-launching sebagai ini bisa memunculkan para pelaku IKM maupun ikon desa yang khas melalui economic branding berbasis inovasi," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, juga meminta semua desa se-Kabupaten Mojokerto mengoptimalkan sumber daya manusia, dan sumber daya alam guna mendorong pertumbuhan ikon desa. Sehingga harapannya, perekonomian beserta kesejahteraan masyarakat desa meningkat.

"Kalau untuk kesejahteraan rakyat, saya sangat proaktif dengan mendukung penuh demi terciptanya kesetaraan perekonomian di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Mojokerto, termasuk mendukung program desa berdaya," paparnya.

Program ini diberikan kepada desa yang berstatus Desa Mandiri, dan bertujuan untuk memunculkan produk unggulan desa yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Selain itu, desa yang telah ditetapkan bakal mendapat anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) 

Berikut daftar desa pada 9 kecamatan di Kabupaten Mojokerto yang termasuk dalam program tersebut:

1. Dinoyo (Kecamatan Jatirejo)

2. Kemasantani (Kecamatan Gondang)

3. Kebontunggul (Kecamatan Gondang)

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO