Satu Abad Nahdlatul Ulama, Eri Cahyadi Ingin Surabaya jadi Tuan Rumah Muktamar NU ke-35

Satu Abad Nahdlatul Ulama, Eri Cahyadi Ingin Surabaya jadi Tuan Rumah Muktamar NU ke-35 Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerima penghargaan dari Forkom Jurnalis Nahdliyin. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Nahdlatul Ulama sebagai ormas Islam terbesar di Nusantara baru saja menggelar Muktamar NU ke-34 di Provinsi Lampung. Dalam muktamar itu, terpilih KH Miftachul Akhyar sebagai Rais Aam dan Gus Yahya Cholil Staquf sebagai Ketua Umum PBNU.

Kini warga NU tengah bertanya-tanya, di manakah Muktamar NU ke-35 tahun 2026 diadakan. Meski masih 5 tahun lagi, penasaran tempat penyelenggaraan Muktamar NU yang bersejarah, karena tepat di usia satu abad NU.

Dalam momentum satu abad NU tersebut, Wali Kota memiliki keinginan agar menjadi tuan rumah tempat penyelenggara NU ke-35. Sekaligus menjadi tempat napak tilas terlahirnya organisasi NU di Kota Pahlawan.

"Saya berharap betul karena Kantor PBNU pertama kali ada di . Ketika Kiai Hasyim Asy'ari menyampaikan meminta seluruh warga mempertahankan kemerdekaan dengan , maka seluruh kiai kumpul di Kota . Karena itu cukup beralasan kalau kami memohon agar Muktamar NU ke-35 digelar di ," ujar Eri usai menerima silaturahmi Forkom Jurnalis (FJN) di ruang kerjanya, Senin (27/12/2021)

Menurut dia, setelah NU itu muncullah peristiwa 10 November yang sangat heroik, karena Arek-Arek Suroboyo dan para santri dengan senjata seadanya mampu menahan gempuran pasukan sekutu yang terlatih dengan persenjataan modern.

"Pertarungan dan pertempuran dari seluruh warga Kota , dari seluruh agama, wa bil khusus santri dan warga untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia," tegas Keluarga Besar Ponpes Sidosermo ini.

Sebab itu, Eri sangat berharap agar Muktamar yang ke-35 bisa dilaksanakan di . Apalagi Muktamar NU pertama juga diselenggarakan di Kota . Menurutnya, ini bagian napak tilas sejarah NU.

"Insya Allah, saya akan sowan ke Kiai Miftah dan Gus Yahya untuk menyampaikan usulan ini. Kita melihat fakta bahwa Nahdlatul Ulama, nya di , Kantor PBNU di , muktamar pertama juga di ," imbuh Wakil Ketua PCNU ini.

Soal penghargaan yang diberikan oleh Forkom Jurnalis , Eri mengucapkan terima kasih. Ia mengatakan dengan penghargaan ini menjadi pemicu buat dirinya secara pribadi untuk memberikan yang terbaik untuk warga Kota , wa bil khusus warga .

"Kebersamaan kita dengan gotong royongnya kita, dengan inspirasi yang sudah diberikan kepada saya, Insya Allah kita bersama-sama bisa memberikan yang terbaik bagi warga di Kota ," pungkas wali kota ganteng ini. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO