Resmi Sandang Gelar Insinyur, Ini Pesan Bupati Jember

Resmi Sandang Gelar Insinyur, Ini Pesan Bupati Jember Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat menyampaikan orasi ilmiah usai menyandang gelar Insinyur.

JEMBER, BANGSAONLINE.com , , resmi menyandang gelar Insinyur setelah berhasil lulus menjalani studi di PSPPI Fakultas Teknik Universitas Jember. Proses pelantikan dipimpin secara luring oleh Rektor Universitas Jember (Unej), Iwan Taruna, sementara penyumpahan dipandu oleh Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Heru Dewanto, secara daring.

Seusai menerima helm insinyur dan Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI) secara simbolis, didaulat menyampaikan orasi ilmiah bertajuk 'Peran Insinyur Profesional Indonesia Dalam Mengakselerasi Pembangunan Daerah Yang Berkelanjutan'. Dalam orasinya, Hendy menyebutkan seorang insinyur profesional memiliki peran besar dalam mewujudkan pembangunan daerah yang berkelanjutan melalui ilmu yang diperolehnya.

“Melalui ilmu yang diperoleh, insinyur diharapkan melahirkan inovasi agar pembangunan daerah berjalan baik dan berkelanjutan. Pembangunan berkelanjutan ini diwujudkan dengan pembangunan yang memanfaatkan sumber daya alam yang ada di daerahnya guna meningkatkan kesejahteraan warga tanpa harus mengorbankan kelestarian alam sebagai warisan untuk generasi yang akan datang,” ujarnya, Selasa (7/12).

Ia juga memaparkan beberapa programnya yang diharapkan dapat menunjang pembangunan berkelanjutan, di antaranya dengan mengurangi kesenjangan ekonomi, pembangunan infrastruktur guna meningkatkan kesejahteraan warga, menjaga ekologi dan mengakomodasi warga untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan.

“Kami di Pemkab Jember tengah mewujudkan pembangunan infrastruktur berupa perbaikan jalan lengkap dengan pembangunan penerangannya. Di sinilah insinyur profesional berperan melalui inovasinya dalam mewujudkan pembangunan infrastuktur dengan tetap memperhatikan kelestarian alam sekitar,” paparnya. 

Sementara itu, Rektor Universitas Jember berpesan agar para insinyur yang baru dilantik terus belajar karena pada dasarnya ilmu keteknikan berkembang sangat cepat mengikuti tantangan, dan perkembangan jaman. Iwan juga mengapresiasi yang menurutnya telah memberikan contoh baik bagi pejabat maupun mereka yang berkecimpung di bidang keteknikan untuk segera mendapatkan STRI yang menandakan bahwa ia telah memiliki kompetensi di bidang keteknikan.

“Saya berharap semua insinyur baru menjadi pembelajar seumur hidup karena ilmu keteknikan itu dinamis, apalagi insinyur dituntut kreatif dan inovatif. Ingat masyarakat kini menunggu kiprah dan inovasi Anda semua, terutama solusi di masa pandemi Covi-19 seperti saat ini. Selamat juga untuk Pak Hendy, di sela kesibukan beliau sebagai masih menyempatkan diri menuntut ilmu meraih gelar profesi Insinyur. Semoga langkah akan diikuti oleh semua pejabat dan kalangan yang bergiat di bidang keteknikan agar pembangunan di Jember berlangsung makin baik,” kata Iwan dalam pidato pelantikannya, (yud/eko/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO