Gubernur Khofifah Harapkan Solusi Jangka Panjang untuk Ganti Jembatan Gladak Perak yang Putus

Gubernur Khofifah Harapkan Solusi Jangka Panjang untuk Ganti Jembatan Gladak Perak yang Putus Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, bersama Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, saat memantau Jembatan Gladak Perak yang putus akibat diterjang lahar panas Gunung Semeru.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com , Thoriqul Haq, dan Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, meninjau lokasi terdampak awan panas guguran di , menggunakan helikopter milik TNI AU.

Ketika melihat yang putus, Khofifah menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim beserta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, dan BNPB tengah membahas kemungkinan akses yang bisa dilakukan sebagai alternatif jalan penghubung dengan Candipuro.

"Salah satunya dengan menyiapkan jembatan gantung. Tetapi setelah asesmen oleh Kementerian PUPR, kemudian kalau jembatan gantung pertimbangannya berarti hanya bisa dilewati motor," ujarnya, Senin (6/12).

"Kami berharap ada solusi jangka panjang, aksesibilitas dari Kecamatan Candipuro ke Pronojiwo kan ini (Gladak Perak), kalau kita mengajukan pembangunan jembatan maka akan kami lihat mana yang paling secure, misalnya menggunakan jalur yang lama kurang secure, karena ada arus lahar material yang lewat situ," paparnya menambahkan.

Menurut Khofifah, hal itu dilakukan sebagai upaya memberikan layanan cepat tanggap untuk memberi kepastian bahwa masyarakat di juga terlayani dengan baik. juga sependapat dengan mantan menteri sosial itu.

Ia berujar, sinergisitas yang terbangun antar kepala daerah di Jatim tak terlepas dari instruksi gubernur demi percepatan penanganan kegawatdaruratan bencana awan panas guguran.

"Terima kasih kepada gubernur, pak bupati, dan wali kota di Jawa Timur yang bergotong royong membantu kita, yang di Pronojiwo di-cover oleh Kabupaten Malang, Blitar, Kota Malang, Pasuruan juga ke sini, sekali lagi kami ucapkan terima kasih," kata Thoriqul. (ron/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO