Konfercab PCNU Sidoarjo, Gus Muhdlor Tekankan Sinergitas Pemkab dan NU

Konfercab PCNU Sidoarjo, Gus Muhdlor Tekankan Sinergitas Pemkab dan NU Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, saat memberi sambutan di Konfercab NU XXI Sidoarjo. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com , Ahmad Muhdlor Ali (), menekankan pentingnya sinergitas antara pemerintah daerah dengan ulama Nahdlatul Ulama (NU). Ini dilakukan untuk mewujudkan kemaslahatan warga Nahdliyin di Kabupaten Sidoarjo.

Hal itu disampaikan saat memberi sambutan dalam pembukaan Konferensi Cabang (Konfercab)ke-XXI Kabupaten Sidoarjo, di Masjid KH Hasyim Asy’ari, Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo ().

“Ulama tanpa umara (pemimpin) dapat berjalan kurang cepat, sedangkan umara tanpa ulama pasti seperti orang buta di malam hari, sinergitas ini yang harus kita tata bersama, yang harus kita jaga bersama-sama, jalan bersama-sama. Bukan untuk pak bupati, bukan untuk pak ketua PCNU, tapi untuk seluruh warga Nahdliyin Sidoarjo,” ujarnya, Minggu (28/11).

Ia juga mengajak seluruh warga Nahdliyin di Sidoarjo untuk mewujudkan sinergitas antara ulama dan pemerintah. Menurut dia, NU itu kelasnya bukan nasional, namun sudah internasional dan merupakan terbesar di dunia.

“Kalau bukan kita bersama-sama, lalu siapa lagi. Jadi sinergitas ini juga melibatkan pengusaha. Oleh karena itu, di Konfercabke-21 Sidoarjo ini, saya harapkan di setiap penganggaran dan sebagainya, harus lebih profesional lagi. Auditornya dihadirkan dan lain sebagainya,” tuturnya.

memastikan soal komitmen Pemkab Sidoarjo dalam mendukung NU, salah satunya dengan mengalokasikan dana hibah sebesar Rp17 miliar pada tahun 2022. Ia berujar, dana tersebut cukup besar dan ia berharap juga diimbangi dengan profesional.

“Auditor dihadirkan dan sebagainya. Pemberian hibah bukan sekedar bagi-bagi, mboten (tidak). Tapi harus diarahkan untuk kemaslahatan ummat,” kata

Selain itu, ia pun berterima kasih terhadap seluruh Panitia Konfercab XXISidoarjo yang telah menyiapkan acara dengan baik. Pihaknya berharap, agenda ini menghasilkan sosok ketua mumpuni yang bisa mengayomi dan menjaga kemaslahatan warga Nahdliyin ke depannya.

Konfercab XXISidoarjo telah menetapkan KHR Abdus Salam Mujib sebagai Rois Syuriah dan sebagai Ketua Tanfidziyah terpilih masa khidmat 2021-2026. Zainal Abidin ditetapkan sebagai Ketua Tanfidziyah 2021-2026 setelah mengantongi sebanyak 302 suara saat tahap pra pencalonan. 

Sedangkan calon lainnya, yakni KH Achmad Khoiri mendapat 68 suara, H Sugiono 14 suara dan KH Maskhun 13 suara. Sedangkan KHR Abdus Salam Mujib ditunjuk dan diputuskan sebagai Rois Syuriah masa khidmat 2021-2026 melalui hasil musyawarah AHWA yang terdiri dari KH Syihabuddin Sholeh, KHR Abdus Salam Mujib, KH Abdi Manaf, KH Syafii Misbah dan KH Wahid Harun. (sta/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Gila NU dan Orang NU Gila, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (16)':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO