Minta Risma Tak Umbar ke Publik, 31 Ribu ASN Terima Bansos Temuan BPK, Baru Indikasi

Minta Risma Tak Umbar ke Publik, 31 Ribu ASN Terima Bansos Temuan BPK, Baru Indikasi Achasanul Qosasi. Foto: BPK RI

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Menteri Sosial Tri Rismaharini kembali membuat heboh. Setelah reda soal penampilan marah-marahnya di depan publik, kini ia mengumumkan sebanyak 31.624 ASN menerima bantuan sosial. Karuan saja masyarakat heboh. Padahal itu temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), bukan temuan tim Risma.

“Karena ini hasil temuan tim BPK yang masih terus ditelusuri dan dikonfirmasi dan butuh pengujian lebih lanjut,” kata Anggota III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Achsanul Qosasi lewat akun twitternya, dikutip Jawa Pos hari ini, Minggu (21/11/2021).

Pernyataan Achasanul Qosasi ini tampaknya sekaligus menjadi klarifikasi. Bahwa temuan ribuan ASN menerima bantuan sosial itu adalah hasil temuan tim BPK. Selama ini publik mengira bahwa temuan soal ribuan ASN terima Bansos itu hasil kerja keras Mensos Risma dan timnya.

(Tri Rismaharini. Foto: Kemensos RI)

Secara tegas Achsanul Qosasi mengatakan bahwa indikasi yang disampaikan Mensos Risma merupakan temuan tim BPK yang masih dalam proses penelusuran dan perlu uji lebih lanjut.

Seperti ramai diberitakan, Risma – sapaan akrab Tri Rismaharini - menyampaikan hasil verifikasi data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang menjadi data penerima bansos. Dalam verifikasi itu, Risma menyebut ada 31.624 ASN yang menerima bansos. Puluhan ribu ASN itu tersebar di 34 provinsi. Dari jumlah itu, 29.965 penerima bansos ASN aktif. Sisanya pensiunan.

Simak berita selengkapnya ...