Wagub Jatim Apresiasi Dialog Terbatas Digelar KWG-DPRD Gresik Soal Percepatan Infrastruktur

Wagub Jatim Apresiasi Dialog Terbatas Digelar KWG-DPRD Gresik Soal Percepatan Infrastruktur Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir menyerahkan sertifikat kepada Wagub Emil Elestianto Dardak sebagai narsum dialog terbatas. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengapresiasi Dialog Terbatas Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Tengah Pandemi yang digelar Komunitas Wartawan Gresik () bersama DPRD Gresik, di Hotel Aston Inn, GKB, Kecamatan Manyar, Sabtu (20/11/2021) pagi.

Wagub menyatakan, bahwa insan pers sebagai pilar demokrasi memiliki peran strategis dalam membantu terwujudnya pembangunan yang berkeadilan.

Karena itu, pemerintah provinsi mengapresiasi komitmen Pemda Gresik dalam percepatan pembangunan infrastruktur. Salah satunya, penanganan Kali Lamong.

"Provinsi menjadi penyeimbang daerah penyokong dan mandiri. Gresik salah satu condong daerah mandiri. Pemerintah provinsi hadir secara program. Nah inilah bersama potensi sinergi program keseriusan pemkab melakukan anggaran pembebeasan lahan Kali Lamong," ucapnya.

Wagub menambahkan, pihaknya juga siap mengawal anggaran dari pemerintah pusat yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo agar tidak berkurang.

Diketahui, dari empat daerah yang dilalui Kali Lamong, Gresik paling luas. Yakni, mencapai 64 km dari total panjang Kali Lamong sekitar 103 km. Karena itu, selama ini Gresik menjadi daerah paling terdampak. Di samping Surabaya, Lamongan, dan Mojokerto.

"Itu yang juga menjadi kendala, dalam kondisi saat ini semoga pemerintah pusat tidak mengurangi anggaran pembuatan tanggul dan parapet Kali Lamong. Sementara, pemkab sudah berkomitmen terhadap pembebasan lahan," pungkasnya. (hud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO