Gus Muhdlor Minta Dekranasda Sidoarjo Kebut Program Digitalisasi UMKM

Gus Muhdlor Minta Dekranasda Sidoarjo Kebut Program Digitalisasi UMKM Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, saat menghadiri pelantikan pengurus Dekranasda Sidoarjo. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali (), melantik Kepengurusan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sidoarjo masa bakti 2021-2024. Ia meminta kepada untuk bekerja maksimal mendampingi para pelaku UMKM dan pemberdayaan perempuan di Kota Delta.

"Dekranasda saya minta all out melakukan pendampingan, termasuk menyiapkan program digitalisasi untuk membantu pelaku UMKM dalam memasarkan dan mempromosikan produknya. harus masuk dalam ekosistem digital nasional, ini program yang tidak boleh ditawar, harus dilaksanakan," ujarnya, Kamis (18/11).

“54 Persen pelaku UMKM adalah perempuan. Dan 97 persen pekerja UMKM adalah perempuan. Itu artinya, para perempuan lah yang sejatinya berperan dominan dalam menggerakkan ekonomi,” tuturnya menambahkan.

Dalam sebuat riset, kata , peranan perempuan yang menjadi pengusaha disebut bisa meningkatkan potensi kontribusi atas produk domestik bruto (GDP) global hingga USD 5 triliun. Ia  juga memaparkan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo bakal membuat program dengan bantuan modal Rp5-50 juta diiringi pelatihan dan sertifikasi untuk kaum perempuan di wilayahnya.

“Melihat strategisnya peran kaum perempuan, sudah selayaknya kita terus mendorong kemandirian ekonomi kaum perempuan. Di Sidoarjo tahun 2022 diluncurkan Kurma (Kartu Usaha Perempuan Mandiri) untuk mendongkrak ekonomi keluarga melalui peran perempuan. Peran Dekranasda harus optimal mengawal ini untuk membantu pulihkan ekonomi dan menggali potensi pemberdayaan perempuan," paparnya.

Ketua 2021-2024, Sa’adah Ahmad Muhdlor, menambahkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan program-program yang akan membantu mendongkrak industri kerajinan di Sidoarjo melalui pengembangan dan digitalisasi. Salah satu strategi yang disiapkan adalah mendampingi pembuatan materi promosi UMKM yang dikemas secara apik melalui instrumen audio visual.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO