Biddokkes Polda Jatim Gelar Pelatihan Siaga Bencana untuk Polres Nganjuk

Biddokkes Polda Jatim Gelar Pelatihan Siaga Bencana untuk Polres Nganjuk Kabiddokkes Polda Jatim, Kombes Pol Erwinn Zainul Hakim, didampingi Kapolres Nganjuk, AKBP Boy Jeckson Situmorang, saat berada di lokasi pelatihan Siaga Bencana.

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Sejumlah personel dari  mengikuti pelatihan kesiapsiagaan bencana yang digelar dan . Ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam akibat di wilayah tersebut.

"Maksud dan tujuan pelatihan kesiapsiagaan bencana ini ialah agar warga masyarakat tidak hanya menjadi objek semata, namun bisa menjadi subjek dengan cara memberi pertolongan pertama kepada korban apabila terjadi bencana," kata Kabiddokkes Polda Jatim, Kombes Pol Erwinn Zainul Hakim, di Balai Desa Kepel, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Kamis (18/11).

Ia menuturkan bahwa para peserta diberi pemahaman untuk bisa mengambil langkah tepat saat terjadi bencana dalam agenda yang sekaligus menjadi pilot project dari pembentukan Desa Tangguh Bencana (). 

Dengan demikian, Erwinn berharap tidak terjadi kesalahan prosedur dalam mengambil tindakan, seperti cara menolong korban, memberikan sinyal darurat, dan lainnya yang justru memperparah dampak bencana.

"Dengan pelatihan ini kita berharap segenap unsur masyarakat, khususnya Dusun Burikan, Desa Kepel, Kecamatan Ngetos, bisa mengerti dan memahami harus berbuat bagaimana bila terjadi bencana alam," kata Erwinn.

Sementara itu, Kapolres Nganjuk, AKBP Boy Jeckson Situmorang, menyebut pelatihan ini sangat penting bagi personelnya. Agenda tersebut juga diikuti oleh 100 personel gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Pengurus Desa Kepel, Linmas Desa Kepel, anggota perguruan silat, banser, dan warga Dusun Burikan Desa Kepel.

"Saya sangat mendukung kegiatan positif ini karena akan meningkatkan kemampuan anggota dalam penanganan bencana. Kondisi geografis wilayah Kabupaten Nganjuk yang berkontur dataran tinggi dan lembah, baik di wilayah utara maupun selatan, tentu harus diantisipasi dalam kondisi cuaca yang akab datang," ucap Boy.

"Karenanya, saya sudah menginstruksikan kepada personel yang ikut dalam pelatihan supaya memperhatikab betul instruksi yang diberikan oleh narasumber," kata Boy. (bam/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dua Pekan Operasi Tumpas Narkoba Semeru, Polres Nganjuk Ringkus 15 Pengedar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO