Wamira Mart Diharapkan Tingkatkan Ekonomi Masyarakat di Pamekasan

Wamira Mart Diharapkan Tingkatkan Ekonomi Masyarakat di Pamekasan Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, saat meninjau Wamira Mart yang menjajakan produk lokal.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Setelah diresmikan , , perkembangan Warung Milik Rakyat (Wamira) Mart semakin menjanjikan. Kehadirannya diharapkan menjadi penopang ekonomi masyarakat di wilayah tersebut.

Kasir Wamira Mart di Jalan Jokotole, Nurul Hidayat, mengatakan bahwa ratusan produk lokal Pamekasan ludes terjual sejak dibukanya Wamira Mart dalam seminggu terakhir. Ia menuturkan, sebagian besar produk lokal yang terjual itu adalah camilan.

"Setiap hari pengunjungnya tidak menentu, tetapi yang paling banyak di hari pertama. Karena saat itu peserta belum pulang. Kalau hari-hari biasa, puluhan pengunjung," ujarnya, Kamis (18/11).

Sejauh ini, lanjut Nurul, pengunjung Wamira Mart sebagian besar merupakan wisatawan atau orang dari luar Pamekasan yang ingin membeli oleh-oleh untuk dibawa ke kampung halamannya. Bahkan, ada wisatawan dari luar pulau yang berbelanja tanpa ragu hingga merogoh kocek dalam-dalam.

"Ada kemarin dari Banjarmasin itu belanja untuk oleh-oleh. Ya, pengunjungnya rata-rata ibu-ibu dan wisatawan dari luar," tuturnya.

Menurut dia, Wamira Mart sangat membantu pertumbuhan ekonomi para pelaku wirausaha baru (WUB) atau para pelaku UMKM lainnya karena sebelumnya tidak ada fasilitas pemasaran dari pemerintah. Apalagi, kata Nurul, sebanyak 70 persen barang di Wamira Mart diisi oleh produk WUB atau UMKM, sisanya produk non-Pamekasan.

"Sangat membantu bagi pegiat UMKM rumahan dalam memasarkan produknya. Mereka punya akses untuk menjual produknya, sehingga ekonominya tambah meningkat," paparnya.

Salah satu camilan khas Pamekasan yang selama ini paling laris diantaranya teri krispi, lorjuk, dan kripik tette. Camilan ini rata-rata dibeli oleh orang luar atau wisatawan saat berkunjung ke Pamekasan

"Kami berharap Wamira Mart ini terus berkembang, dengan demikian penjualan produk lokal juga akan meningkat," kata Nurul. (Pmk1/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO