​Tiga Siswa-Siswi Kota Kediri Raih Prestasi dalam Ajang KSN 2021

​Tiga Siswa-Siswi Kota Kediri Raih Prestasi dalam Ajang KSN 2021 Safa Kirana, siswi SMPN 1 Kediri. Foto: ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabar menggembirakan datang dari 3 peserta didik asal . Mereka berhasil menjuarai Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021. Mereka adalah Safa Kirana, siswi SMPN 1 Kediri yang berhasil raih medali perunggu pada KSN IPA. M. Fajar Royyan dari SMP Rahmad Plus peraih medali perunggu pada KSN Matematika. Sedangkan Tio Alfian Agistiano peraih juara harapan pada KSN IPS bersekolah di SMPN 3 Kediri.

Saat ditanyai, Safa Kirana, siswi kelas IX ini merasa senang atas prestasi yang berhasil ia persembahkan tidak hanya untuk almamater dan saja, melainkan juga untuk Provinsi Jawa Timur.

“Jujur saya tidak menduganya, saat mendapatkan pengumuman tersebut saya kaget sekaligus senang,” ungkapnya, Sabtu, (13/11).

Gadis yang bercita-cita sebagai dokter ini tidak menduga ia menorehkan prestasi yang luar biasa di bidang IPA. “Awalnya saya menekuni matematika, namun kemudian saya diberikan kesempatan untuk mewakili dan Provinsi Jawa Timur untuk berkompetisi di bidang IPA dan saya sangat bersyukur sekali bisa mengharumkan nama di tingkat nasional,” imbuh siswi SMPN 1 Kediri ini.

Ia menambahkan bahwa dirinya berpegang teguh pada sebuah prinsip sehingga berhasil mengantarkannya untuk mendulang prestasi ini. “Jangan pernah takut untuk mencoba hal yang baru, terus tingkatkan kapasitas diri, tetap semangat dan jangan menyerah,”pungkasnya.

Sama seperti Safa, Tio Alfian Agistiano juga tidak menduga dirinya berhasil menorehkan prestasi pada KSN 2021 di bidang IPS. “Saya tidak menyangka sama sekali, waktu mengerjakan rasanya dag-dig-dug, sangat memutar otak, perlu konsentrasi yang cukup, karena soalnya yang tidak mudah,” terang siswa kelas 8 ini, Sabtu, (13/11).

(Tio Alfian Agistiano, siswa SMPN 3 Kediri)

Tio membagikan cara belajarnya menjelang pelaksanaan kompetisi sains nasional tahun 2021. Ia menuturkan bahwa ia belajar dari berbagai macam literatur dibawah bimbingan gurunya. Selain itu, siswa asal SMPN 3 Kediri ini mengatakan bahwa dirinya memang sangat meminati bidang IPS. “Kebetulan saya memang suka dengan IPS, terlebih dengan pengetahuan-pengetahuan sosial, jadi saya sangat menikmati setiap proses belajar yang saya lalui,” tuturnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO