Cegah Jeratan Pinjol Ilegal, Bupati Gus Muhdlor Siapkan Kurma, Bantuan Modal bagi Emak-Emak

Cegah Jeratan Pinjol Ilegal, Bupati Gus Muhdlor Siapkan Kurma, Bantuan Modal bagi Emak-Emak Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor. foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bupati Ahmad Muhdlor menyiapkan program Kartu Usaha Perempuan Mandiri (Kurma) sebagai instrumen pemulihan ekonomi sekaligus melindungi warga dari jeratan pinjaman online (Pinjol) ilegal. Program ini menyediakan bantuan modal Rp 5-50 juta untuk para perempuan alias emak-emak.

”Sekarang sedang kita finalisasi skemanya. Insya Allah tidak lama lagi tuntas dan bisa luncurkan pada awal 2022. Harapannya tentu bisa mendorong spirit kewirausahaan kaum perempuan sehingga bisa ikut memulihkan ekonomi,” cetus Bupati Muhdlor, Selasa (9/11/2021).

Bupati muda itu menyatakan, menggelorakan gerakan kewirausahaan adalah salah satu jalan pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Semakin banyak warga berani berwirausaha, maka roda ekonomi bakal berputar dan tercipta peluang kerja. Namun, salah satu tantangannya, soal kebutuhan permodalan.

”Jangan sampai warga ingin berwirausaha tapi mengakses dengan bunga mengerikan, dengan skema bunga berbunga yang mencekik. Saya tidak mau warga mengalami hal itu. Maka kita siapkan program Kurma ini,” tandasnya.

Muhdlor menambahkan, saat ini skema program sedang dituntaskan. Di antaranya terkait fokus sasaran yang diprioritaskan ke kecamatan dengan tingkat kemiskinan paling tinggi di antara kecamatan lainnya.

”Kita juga sedang susun untuk perempuan korban PHK akibat pandemi, perempuan kepala keluarga, serta perempuan korban kekerasan sehingga beliau-beliau bisa bangkit, mandiri ekonominya, bahkan bisa membuka lapangan kerja bagi warga sekitar,” beber , sapaan akrabnya.

Lihat juga video 'Grebek Kantor Pinjol di Jakarta Utara, Polda Metro Jaya Amankan 99 Pegawai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO