Kampung Inggris Pare Kediri Bakal jadi Eduwisata

Kampung Inggris Pare Kediri Bakal jadi Eduwisata Gapura menuju kawasan Kampung Inggris di Kecamatan Pare. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tengah menyiapkan rencana penataan Kampung Inggris, yang berada di dua desa yakni Desa Tulungrejo dan Desa Pelem, .

Hal itu terkait dengan mulai padatnya permukiman di kawasan tersebut. Rencananya, Kampung Inggris juga akan dijadikan eduwisata. Hal ini disampaikan Bupati Hanindhito Himawan Pramana.

Menurutnya, penataan kawasan yang masuk dalam kategori kumuh tersebut akan dilakukan dengan memperbaiki drainase, jalan, hingga dibangunnya area ruang terbuka hijau (RTH).

”Kita buat eduwisata di sana. Kita mulai dari tata kotanya dengan Program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh),” ujar bupati muda berusia 29 tahun ini.

Ia menyebutkan, langkah awal dengan Program Kotaku tersebut akan dimulai tahun depan dengan menggelontorkan dana kurang lebih Rp 41 miliar.

“Anggaran yang akan kita gelontorkan untuk penataan di Kampung Inggris kurang lebih di Rp 41 miliar,” terangnya.

Menurut Mas Bup Dhito, sapaan akrab Bupati itu, pemkab juga akan membuat Kampung Inggris tersebut menjadi pusat pariwitasa atau tourism hub di Kabupaten . Harapannya, orang yang datang dari bandara, bisa singgah dan nyaman di Kampung Inggris Pare.

Penataan yang akan menjadikan Kampung Inggris sebagai eduwisata ini disambut baik oleh warga. Salah satu warga, Adam Gustomy (26) menyebutkan potensi kawasan tersebut sangat besar.

Menurut Adam, kawasan itu sangat bagus dalam aspek pendidikan untuk masyarakat. “Kampung Inggris bagus dari segi pendidikan. Khusus warga Jawa Timur masih minim yang bisa bahasa Inggris,” tuturnya.

Ia juga berharap eduwisata di Kampung Inggris bisa segera dijalankan, karena banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke kawasan tersebut. (uji/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO