​Pemkot Kediri Bersama Kemenkominfo Gelar Diskusi SPBE

​Pemkot Kediri Bersama Kemenkominfo Gelar Diskusi SPBE Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kediri, Apip Permana (kanan) dan Kepala Pusat Data dan Sarana Informatika Kementerian kominfo, Irawati Priyanti. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) , Apip Permana menerima kunjungan rombongan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika () RI, Jumat (22/10).

Bertempat di Command Center, kunjungan tersebut dalam rangka Sharing Knowledge Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik () di .

Dalam sambutannya, Apip Permana menyampaikan bahwa pada tahun 2020 mendapat nilai kategori "baik" dengan nilai 3,49. Penilaian tahun 2020 telah meningkat dibandingkan dengan nilai tahun sebelumnya, yaitu tahun 2019 dengan perolehan nilai 2,61.

Menurut Apip, landasan evaluasi tahun 2021 ini adalah Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 59 Tahun 2021 tentang Pemantauan dan Evaluasi . Dalam aturan yang baru, penilaian didasarkan pada 47 indikator. Ada penambahan 12 indikator penilai dibanding dengan aturan sebelumnya.

" merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada penggunanya," kata Apip.

Masih menurut Apip, ditujukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Tata kelola dan manajemen secara nasional juga diperlukan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi .

Kepala Pusat Data dan Sarana Informatika , Irawati Priyanti selaku ketua rombongan menyebutkan bahwa cara untuk meningkatkan indeks sangatlah mudah.

“Di situ sudah ada indikator-indikatornya, tinggal memenuhi saja. Jadi, penuhi indikator itu maka indeks akan meningkat. Tetapi yang kita dorong yakni ingin memberikan contoh bagaimana caranya supaya indeks itu tinggi dan pemerintah maupun masyarakat mendapatkan benefit,” terang Irawati.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO