Pemkab Lamongan Canangkan 5 Desa Pilot Project Peduli Stunting

Pemkab Lamongan Canangkan 5 Desa Pilot Project Peduli Stunting Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, saat memberikan sambutan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - TP PKK Kabupaten Lamongan mengangkat isu stunting sebagai program dukungan terhadap pilot project Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap, dan Tangguh Bencana yang merupakan gagasan PKK pusat dan PKK provinsi. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua TP , Anis Yuhronur Efendi, saat Pencanangan Pilot Project Desa Peduli di Pendopo Kecamatan Sukodadi, Selasa (19/10).

Pilot project gerakan keluarga sehat, tanggap, dan tangguh bencana merupakan sebuah gagasan PKK pusat dan provinsi untuk menumbuhkan kesadaran yang melibatkan keluarga dan masayarakat secara langsung serta membina masyarakat agar mampu menolong dirinya sendiri serta tanggap dan tangguh menghadapi berbagai tantangan,” ujarnya.

Ada lima desa yang dijadikan pilot project peduli stunting yaitu Desa Deket, Kecamatan Deket; Desa Nguwok, Kecamatan Modo; Desa Jatidrojog, Kecamatan Kedungpring; Desa Karangwungulor, Kecamatan Laren; dan Desa Banjarejo, Kecamatan Sukodadi.

“Alhamdulillah TP sangat cepat dalam merespons upaya penurunan stunting di Kabupaten Lamongan. Kepada para tim yang terlibat, nanti harus banyak bertanya dan fokus apa saja yang akan disiapkan melalui empat pokja, yakni pokja peduli stunting, peduli lingkungan, peduli ibu dan anak, serta peduli hidup bersih dan sehat. Sehigga, jangan sungkan untuk sering-sering koordinasi demi terwujudnya keluarga yang sehat,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, yang hadir secara langsung meresmikan kegiatan tersebut mengungkapkan perlunya kolaborasi seluruh elemen masyarakat dalam penurunan stunting. Ia yakin, pencanangan pilot project ini dapat menjadi role model yang dapat ditiru oleh semua desa di wilayahnya.

Simak berita selengkapnya ...