Tuntut Harga Pakan Diturunkan, Ratusan Peternak Ayam di Ringinrejo Bagi-Bagi Telur

Tuntut Harga Pakan Diturunkan, Ratusan Peternak Ayam di Ringinrejo Bagi-Bagi Telur Nafi Rojulus, korlap aksi (membawa telur) saat membagi-bagikan telur di Terminal Sambi, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri. Foto: Muji Harjita/ BANGSAONLINE.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sekitar 100 orang petelur yang tergabung dalam KPL (Komunitas Peternak Layer) se-Kecamatan Ringinrejo Kabupaten menggelar aksi demo dengan cara bagi-bagi telur di Terminal Sambi, Jalan Raya - Blitar, Kecamatan Ringinrejo, Jumat (1/10) pagi.

Selain berorasi, mereka juga membentangkan sejumlah spanduk yang di antaranya bertuliskan "Turunkan Harga Pakan", "Stabilkan Harga Telur", "Kembalikan Budidaya Layer ke Peternakan Rakyat 100%", dan tulisan-tulisan lainnya.

Namun, oleh petugas gabungan dari Polres dan Satpol PP Kabupaten yang mengamankan aksi tersebut, perserta diarahkan untuk demo dan bagi-bagi telur dengan cara berkeliling, tidak terpusat. Hal ini dilakukan guna menghindari kerumunan.

Petugas meminta mereka peserta aksi unjuk rasa membagikan telur langsung kepada warga di desa-desa se-Kecamatan Ringinrejo. Tak pelak, banyak warga yang kecele. Mereka terlanjur datang ke Terminal Sambi, ternyata aksi bagi-bagi telur sudah tidak ada.

Nafi Rojulus, korlap aksi, menjelaskan aksi bagi-bagi telur ini bertujuan menyuarakan isi hati para peternak yang sedang mengalami keterpurukan.

Simak berita selengkapnya ...