Kawasan Konservasi Alas Simpenan Ditetapkan sebagai Pusat Ficus Nasional

Kawasan Konservasi Alas Simpenan Ditetapkan sebagai Pusat Ficus Nasional Dirjen KSDAE KLHK, Ir. Wiratno, M.Sc, saat menyerahkan kenang-kenangan buku kepada Koordinator Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Kediri, dr. Ari Purnomo Adi. (foto: Muji Harjita/BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dirjen (Direktur Jenderal) Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan () RI, menggelar acara bimbingan teknis/sosialisasi pengembangan usaha ekonomi produktif di sekitar kawasan konservasi, Sabtu (18/9).

Kegiatan yang digelar di Kawasan Konservasi Alas Simpenan, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten , Jawa Timur tersebut diikuti oleh Kelompok Masyarakat Tjoelanggi Besowo, Desa Besowo, Kecamatan Kepung.

Kemudian, Kelompok Masyarakat Alas Simpenan Sejahtera, Desa Manggis, Kecamatan Puncu; Kelompok Masyarakat Wana Lestari, Desa Wonorejo, Kecamatan Puncu; Kelompok Sadar Wisata Sumber Jembangan, Desa Tempurejo, Kecamatan Wates; dan perwakilan relawan dari Aliansi Relawan Peduli Lingkungan .

Acara tersebut dihadiri Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini, N.K.M, Ketua DPRD Kabupaten Dodi Purwanto, Wakil Bupati Dewi Mariya Ulfa, mewakili Bupati Hanindhito Himawan Pramana, Dandim 0809 Letkol Inf. Rully Eko Suryawan, dan Kapolsek Puncu AKP Bowo Wicaksono mewakili Kapolres AKBP Lukman Cahyono, serta Adm Perum Perhutani KPH Rukman Supriyatna.

Dalam sambutannya, Anggia Erma Rini mengatakan bimtek atau sosialisasi pengembangan usaha ekonomi produktif di sekitar kawasan konservasi sangat penting.

"Saat ini kita sedang berjihad untuk melestarikan alam. Maka dari itu, harus ada landasan untuk pelaksanaannya. Meski saat ini pandemi masih berlangsung, tapi kita masih bisa bertemu untuk bersama-sama belajar dan saling mendukung untuk melestarikan alam," kata Anggia.

Sedangkan Wabup Dewi Mariya Ulfa, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dan Dirjen KSDAE yang berkenan hadir dalam acara bimtek di Alas Simpenan. Dia berharap kegiatan bimtek ini selain bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, juga bisa mendorong masyarakat untuk ikut menjaga hutan.

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO