Olahraga Anggar 5 Tahun Vakum di Jember, Ikasi Optimis Raih 4 Emas di Porprov 2022

Olahraga Anggar 5 Tahun Vakum di Jember, Ikasi Optimis Raih 4 Emas di Porprov 2022 Para Atlet Anggar Jember saat berlatih. foto: bangsaonline.com

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Olahraga anggar sejak dulu sudah populer di Indonesia. Olahraga ini melatih ketangkasan tangan dalam memainkan senjata di depan lawannya. Antara lain menusuk atau menangkis senjata lawan dengan menggunakan keterampilan dan memanfaatkan kelincahan tangan.

Di Kabupaten Jember, dua puluh tahun terakhir olahraga itu eksis. Bahkan Jember memiliki atlet anggar yang berprestasi di kancah nasional. Namun dalam lima tahun belakangan sempat vakum.

Nah, dalam rangka menyambut Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur yang ke VII tahun 2022 mendatang, Cabang Olahraga (Cabor) Anggar Kabupaten Jember yang tergabung dalam Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Cabang Jember kembali diaktifkan.

Namun Ketua IKASI Cabang Jember, Doni Tri Istiqomah, mengatakan bahwa aktifnya anggar Jember bukan sekadar menyambut dan ikut berpartisipasi dalam event pesta olahraga se-Jatim itu. Tapi juga untuk mempopulerkan olahraga dengan menggandeng sekolah-sekolah agar anggar dijadikan ekstrakurikuler.

Menurut Doni, prestasi anggar Kabupaten Jember dalam dua puluh tahun terakhir cukup bagus. “Hanya saja olahraga anggar ini tidak tersosialisasikan dengan baik kepada masyarakat, sehingga tidak banyak warga yang tahu tentang olahraga ini,” ujarnya saat memantau seleksi atlet anggar di gedung BHS utara Alun-Alun Jember, untuk persiapan Porprov 2022, Sabtu (11/9).

Ia optimis atlet anggar Jember mampu memperoleh medali emas di porprov. Bahkan dirinya menargetkan empat medali emas.

Simak berita selengkapnya ...