Peringati Haornas ke-38, DBON Harapan Baru Prestasi Olahraga Indonesia

Peringati Haornas ke-38, DBON Harapan Baru Prestasi Olahraga Indonesia Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan Waki Bupati Abdul Rouf foto bersama insan olahraga berprestasi.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Hari Olahraga Nasional () yang diperingati setiap tanggal 9 September, tahun 2021 ini masih harus dilaksanakan secara virtual. Tema yang diambil dalam peringatan ke-38 tahun ini adalah Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju.

Bertepatan dengan kegiatan tersebut, Presiden RI Joko Widodo telah menandatangani Perpres No. 8 Tahun 2021 tentang (Desain Besar Olahraga Nasional). Hal ini merupakan penanda lahirnya harapan baru untuk prestasi olahraga Indonesia.

Berbagai catatan prestasi olahraga membanggakan telah dicetak Indonesia dalam ajang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo tahun 2020. Menurut Presiden, catatan prestasi tersebut dapat menjadi inspirasi dan pemacu bagi lahirnya olahraga Indonesia yang lebih gemilang di tahun-tahun selanjutnya.

“Prestasi olahraga kita harus kita tingkatkan, tidak muncul begitu saja. Prestasi dihasilkan oleh proses pembinaan dari hulu hingga hilir yang sistematis dan berkelanjutan. Kita harus fokus bekerja mencetak talenta-talenta hebat di bidang olahraga, agar lahir semakin banyak atlet unggul berprestasi,” ucap Presiden Jokowi.

Ia mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersinergi menciptakan ekosistem olahraga yang semakin modern, menyelenggarakan kompetisi olahraga secara sehat, serta memacu prestasi. Hal tersebut guna menemukan talenta-talenta unggul sejak dini, sehingga menjadi fondasi yang kuat untuk memajukan dunia olahraga di Indonesia.

Senada dengan Presiden, Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali, menegaskan tidak ada prestasi yang diperoleh secara instan. Dibutuhkan pembinaan jangka panjang, terencana, terstruktur, dan berkesinambungan.

“Kita tidak boleh lagi mendapatkan prestasi by accident. Prestasi itu harus dicetak, atau dengan kata lain harus by design. Sehingga harus mempunyai rujukan yang jelas, dengan ukuran yang pasti, serta bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi. Di sinilah diperlukan ,” tambahnya.

Yuhronur Efendi, bersama Wakil Bupati Abdul Rouf, dan Plt. Kepala Dispora Lamongan Edy Yunan Achmadi turut serta mengikuti acara peringatan ke-38 secara virtual melalui zoom meeting, Kamis (9/9), di Ruang Command Center Sekretariat Daerah Lamongan. Pada kesempatan tersebut, Bupati Yuhronur juga memberikan penghargaan kepada insan olahraga.

Penghargaan insan olahraga tersebut diberikan kepada Kacung Setiawan (peraih medali emas Lown Bowl ASEAN Games tahun 2018), Ananda Rigy Aditya (peraih medali emas Prakualisi PON Serang Banten MX 125cc tahun 2019), Ahmad Zahroni (peraih medali emas Kejuaraan Catur Pekan Paralympic Jatim tahun 2021), Marcellino Rigy (juara nasional Motocross 65cc tahun 2018), dan H. Soetomo (tokoh masyarakat pendiri Lamongan Sadang MHS). (qom) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO