Lulus Program WUB, 20 Anak Muda Pamekasan Sepakat Buka Usaha Jasa Servis AC

Lulus Program WUB, 20 Anak Muda Pamekasan Sepakat Buka Usaha Jasa Servis AC Suasana pisah kenang para peserta pelatihan WUB servis AC dengan Disnakertrans Pamekasan. (foto: ist)

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Program menciptakan 10 ribu wirausaha baru (WUB) yang digagas Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dengan berbagai pelatihan rupanya menarik minat banyak anak muda Bumi Gerbang Salam. Mereka banyak mengikuti pelatihan dengan harapan bisa menjadi usahawan yang sukses.

Seperti pelatihan servis AC yang diikuti oleh 20 muda-mudi Kabupaten Pamekasan ini. Selama 20 hari, kelompok yang terdiri dari 19 pria dan 1 perempuan ini dengan tekun mengikuti pelatihan servis AC yang dibimbing langsung oleh fasilitator andal. Hingga akhirnya mereka bisa memperbaiki AC yang rusak dan tidak berfungsi dengan baik menjadi normal kembali.

Bahkan, usai mengikuti program WUB tersebut, 20 anak muda Kabupaten Pamekasan tersebut bersepakat untuk membuka usaha jasa servis AC.

Fasilitator Pelatihan Servis AC WUB Pamekasan Faqih Zamani mengatakan, pelatihan servis AC merupakan program pelatihan baru. Masa pelatihannya selama 20 hari. Para peserta yang telah selesai mengikuti pelatihan tersebut mendapatkan sertifikat resmi dari Disnakertrans Pamekasan.

"Saat ini para peserta itu bersepakat membuka usaha secara berkelompok dan diberi nama CV WUB (Wahana Usaha Bersama)," ungkapnya, Kamis (2/9/2021).

Ia menjelaskan, bagi alumni peserta pelatihan WUB servis AC tersebut bila ingin membuka usaha servis AC secara kolektif, izin usahanya akan dibuatkan dan akan dipermudah oleh .

"Kalau mau buka usaha sendiri silakan, karena memang program WUB dari ini akan mempermudah membuat izin usaha, baik itu OSS dan diberikan sertifikat pelatihan," jelasnya.

Bahkan, sertifikat pelatihan yang diberikan oleh Disnakertrans Pamekasan ini bisa dijadikan sebagai syarat untuk meminjam modal usaha ke Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jatim dengan bunga hanya satu persen, sedangkan 5 persennya akan ditanggung oleh .

Bagi masyarakat Pamekasan yang hendak servis AC ke alumni peserta WUB ini, lokasinya berada di Jalan Teja dan bisa menghubungi nomor admin 085936590620. Biaya perbaikan servis AC di CV WUB relatif lebih murah dibandingkan servis AC pada umumnya.

"Kami sudah uji kemampuan mereka baik secara psikis dan mental. Mereka ini sudah jago dalam hal servis AC. Kemarin sempat memperbaiki di rumah Bupati Baddrut Tamam dan di ruang Pendopo Ronggosukowati," pungkasnya. (pmk1/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO