KSAL Laksamana TNI Yudo Margono Resmikan KRI Golok, Kapal Perang Siluman Buatan Banyuwangi

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono Resmikan KRI Golok, Kapal Perang Siluman Buatan Banyuwangi Peluncuran KRI Golok-688 di galangan kapal PT Lundin Industry Invest, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (21/8/2021).

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut () terus memodernisasi alat utama sistem senjata (alutsista).

Kepala Staf Angkatan Laut () Laksamana TNI Yudo Margono pun meluncurkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) jenis kapal cepat rudal trimaran di galangan kapal PT Lundin Industry Invest, Kabupaten , Sabtu (21/8/2021).

Sebelum diresmikan, diawali prosesi shipnaming (penamaan) dengan pemotongan pita pengikat kendi sebagai tanda lahirnya yang diberi nama KRI Golok-688, yang dilanjutkan dengan launching KRI Golok-688 tersebut.

“Ini baru tahapan penamaan dan peluncuran dari galangan kapal ke laut. Kapal ini nantinya akan masuk ke jajaran ,” jelas Laksamana TNI Yudo Margono usai meluncurkan kapal tersebut.

KRI Golok merupakan kapal asli buatan Indonesia yang dibuat oleh PT Lundin Industry Invest di , Jawa Timur. Teknologi yang terdapat pada KRI Golok adalah bahan komposit serat karbon yang membuatnya sulit dideteksi oleh radar musuh atau siluman.

Selain itu, KRI Golok merupakan kapal trimaran yang berdesain khusus berbentuk lancip yang dirancang untuk melaju cepat.

“KRI Golok merupakan jenis kapal cepat rudal memiliki kecepatan yang tinggi dan nanti akan dilengkapi persenjataan dan rudal. Sebagai kapal cepat rudal, geraknya harus berkecepatan tinggi, yang tugasnya hit and run,” kata .

Ditambahkannya, setelah diluncurkan hari ini kapal ini akan dilakukan uji coba hard and shut untuk tahap penyempurnaannya sebelum diserahkan ke .

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO