Alokasi DBHCHT, Pemkab Pamekasan Bangun Jalan Pertanian Guna Permudah Akses Petani

Alokasi DBHCHT, Pemkab Pamekasan Bangun Jalan Pertanian Guna Permudah Akses Petani Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pamekasan Ajib Abdullah.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - akan mempercepat pembangunan jalan pertanian dari pemanfaatan alokasi dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) Kabupaten Pamekasan tahun 2021.

Secara teknis hal ini akan dilakukan oleh melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pamekasan. Bahkan bukan hanya itu saja, mereka juga sudah merancang program khusus kegiatan pembangunan lainnya.

Dalam data yang ada sudah dilakukan ancang-ancang untuk pembangunan berbagai sarana fisik dan infrastruktur penunjang pertanian. Yakni mulai dari akses jalan pertanian hingga perluasan jaringan dan area irigasi di lahan pertanian Bumi Gerbang Salam.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pamekasan Ajib Abdullah, memang pembangunan infrastruktur itu perlu. Karena untuk memberikan kemudahan petani dalam memelihara dan merawat pertaniannya.

Berbagai program pembangunan infrastruktur tersebut akan memanfaatkan alokasi DBHCHT tahun 2021 yang melekat pada DKPP Pamekasan. Sebab, dana bagi hasil cukai tersebut sudah di-plotting untuk kesejahteraan masyarakat petani.

Yakni salah satunya dengan memberi kemudahan sarana transportasi bagi para petani khusus yang bertani tembakau hingga ke pelosok. Terlebih, sebelumnya para petani itu dinilai mengalami kesulitan akses menuju lahan pertaniannya.

Apalagi bagi para petani yang membutuhkan mobilitas dan akses memadai. Itu saat mereka untuk mengangkut hasil pertaniannya.

"Irigasi juga dibangun untuk kemudahan dalam merawat dan menyiram tembakau, sehingga petani dapat terbantu dalam progres penanaman, pemeliharaan, hingga panennya," kata Ajib Abdullah usai menghadiri forum group discussion untuk percepatan pembangunan KIHT, Kamis (19/8/2021) lalu.

Oleh karena itu, pihaknya sudah siapkan setidaknya ada 30 lokasi yang akan menjadi tempat pembangunan infrastruktur tersebut. Dengan berbagai pertimbangan teknis dan efektivitas pemanfaatan pembangunan fasilitas itu nantinya.

Terkait dengan dana yang disediakan untuk program infrastruktur pertanian itu, disiapkan DKPP senilai 3 miliar rupiah. Semua untuk seluruh pembiayaan program yang dirancang DKPP pada tahun anggaran DBHCHT 2021 ini. (adv/pmk1/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO