Bidang Kesehatan Masih Jadi Prioritas Utama Perubahan APBD Lamongan 2021

Bidang Kesehatan Masih Jadi Prioritas Utama Perubahan APBD Lamongan 2021 Bupati Yuhronur Efendi foto bersama pimpinan DPRD Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Bidang kesehatan masih menjadi prioritas utama yang harus dialokasikan di dalam Perubahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Kabupaten Lamongan Tahun 2021.

Hal itu diungkapkan Bupati Yuhronur Efendi dalam Rapat Paripurna Hari Pertama dalam rangka Penyampaian Pengantar Nota Keuangan Raperda atas Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021, Jumat (20/8).

“Kebijakan perubahan belanja daerah tahun anggaran 2021 ini akan diprioritaskan kepada beberapa sektor dominan. Bidang kesehatan merupakan prioritas utama yang harus dialokasikan di dalam perubahan APBD 2021 ini," ungkap Yuhronur.

Menurutnya, peningkatan kasus Covid-19 varian delta pada triwulan II memerlukan penanganan yang lebih intensif. Apalagi IGD semua rumah sakit rujukan Covid-19 di Lamongan sempat over kapasitas. Selain itu, terjadi kelangkaan oksigen dan obat-obatan. Sehingga memerlukan pendanaan yang lebih besar. Termasuk, untuk percepatan vaksinasi.

Selain bidang kesehatan, lanjut Yuhronur, arah kebijakan perubahan belanja tahun anggaran 2021, juga diprioritaskan kepada beberapa sektor dominan yaitu, bidang ekonomi dan sosial, bidang pendidikan, dan bidang infrastruktur.

Bidang ekonomi dan sosial misalnya, masih bertumpu kepada pemulihan, percepatan ekonomi, dan pengamanan sosial sebagai akibat pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih dalam kondisi yang tidak dapat diprediksi.

Sementara bidang pendidikan, alokasi dana masih diarahkan untuk pengadaan alat praktik dan peraga siswa PAUD, rehabilitasi gedung pendidikan, dan pengadaan sarana dan prasarana sekolah, serta penyusunan penyesuaian kurikulum pembelajaran daring.

Simak berita selengkapnya ...