HUT Ke-76 RI, Pemkab Lamongan Kado Warga Desa Balun Jalan Mulus

HUT Ke-76 RI, Pemkab Lamongan Kado Warga Desa Balun Jalan Mulus Bupati Yuhronur potong pita pembukaan jalan baru. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Bertepatan dengan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, warga Desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan mendapat kado indah dari Pemkab Lamongan. Kado tersebut berupa telah selesainya pembangunan jalan poros desa sejauh 564 meter hasil program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilakukan jajaran Kodim 0812 Lamongan.

Selain program pembangunan jalan poros desa, Dandim 0812 Letkol Infantri Sidik Wiyono selaku Dansatgas TMMD Lamongan mengungkapkan, pihaknya juga telah melakukan berbagai program kegiatan, di antaranya program vaksinasi untuk 860 warga desa. Hal ini tentu sebagai upaya tiga pilar (pemkab, kodim, polres) dalam membentuk kekebalan kelompok masyarakat.

"TNI Manunggal Membangun Desa sudah selesai. Ini merupakan kado untuk warga Desa Balun di HUT Ke-76 RI. Sasaran pokoknya yakni pembangunan jalan rabat beton sejauh 564 meter, dengan lebar 4 meter dan tebal 20 cm sudah tercapai. Selain itu juga ada tambahan kegiatan yang menurut saya sangat perlu, yakni rehab pusara Makam Mbah Balun. Pembangunan rutilahu warga desa agar layak huni kembali, setidaknya lantainya sudah keramik dan tidak bocor. Kami juga mengadakan program vaksinasi untuk 860 warga desa, diharapkan dapat membantu kekebalan kelompok, sementara untuk dosis duanya menunggu sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Itulah yang mampu kami perbuat," tutur Dandim Sidik dalam acara penutupan karya bakti TMMD di Balai Desa Balun, Rabu (18/8/2021).

Berbagai program yang telah selesai dilakukan, lanjut Dandim Sidik, tidak akan berjalan tanpa dukungan seluruh pihak termasuk Bupati Lamongan.

"Mohon maaf baru ini yang bisa kami bantu. Kami hanya pelaksana, yang punya tenaga, tanpa ada dukungan dari Pemkab Lamongan terutama Bapak Bupati kami pasti tidak mampu melakukan sejauh ini," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang turut didampingi Wabup Abdul Rouf mengungkapkan apresiasinya atas sikap saling gotong royong yang dilakukan seluruh warga desa dan jajaran TNI dalam menyukseskan acara karya bakti TMMD tersebut.

Simak berita selengkapnya ...