Kunjungi Pasar Porong, BHS Minta Pemkab Sidoarjo Bantu UMKM Terdampak Covid-19

Kunjungi Pasar Porong, BHS Minta Pemkab Sidoarjo Bantu UMKM Terdampak Covid-19 PEDULI UMKM: Bambang Haryo Soekartono (BHS) mengunjungi Pasar Porong, Jumat (13/8/2021). foto istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) banyak yang terpuruk akibat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Bahkan sejumlah pelaku UMKM di kawasan Tanggulangin Sidoarjo sempat mengibarkan bendera putih beberapa hari lalu.

Kondisi itu pun memantik perhatian Bambang Haryo Soekartono (BHS). Politisi Partai Gerindra ini pun meminta Pemkab Sidoarjo agar mengambil sejumlah langkah untuk membantu UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

Langkah itu, pertama, pemberian bantuan sosial (bansos) juga diprioritaskan untuk UMKM yang terdampak Covid-19. "Yang kedua memberikan bantuan permodalan melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat)," cetus BHS saat mengunjungi Pasar Porong, Jumat (13/8/2021).

Saat kunjungan ke Pasar Porong dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional 12 Agustus itu, Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra itu pun mendesak agar dana KUR saat pandemi Covid-19 dicairkan ke masyarakat.

"Mereka (UMKM) akan kesulitan melaksanakan (aktivitas) tanpa tambahan modal, sehingga bisa terpaksa pakai rentenir. Kalau pakai rentenir, mati semua, karena bunganya di atas 22,5 persen," tutur BHS.

Kata BHS, Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Sidoarjo yang notabene Bupati Sidoarjo, harus memberikan penekanan kepada bank milik pemkab maupun bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), agar segera mengucurkan bantuan KUR ke UMKM di Sidoarjo.

"Terus terang saya sedih. Ternyata begitu kita cek di wilayah Porong ini, belum ada bansos maupun bantuan dana KUR untuk pedagang UMKM," ungkap mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini.

Simak berita selengkapnya ...