Dandim Jember Beri Arahan Babinsa Sistem Tracing Menggunakan InaRISK dan Silacak

Dandim Jember Beri Arahan Babinsa Sistem Tracing Menggunakan InaRISK dan Silacak Babinsa di Jember saat mendapatkan penjelasan tentang aplikasi InaRISK Personal dan Silacak.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf. Laode M. Nurdin memberi arahan kepada babinsa terkait program pemerintah tentang sistem aplikasi InaRISK Personal dan Silacak. Dua aplikasi tersebut digunakan untuk menunjang tracing atau pelacakan terhadap warga kontak erat dengan pasien terpapar Covid-19. Tujuannya, menekan angka penularan Covid-19.

Diketahui, salah satu personel tenaga tracer Covid-19 adalah babinsa. "Aplikasi itu diharapkan bisa mempercepat proses tracing untuk pengendalian Covid-19 di Jember," ujar Laode M. Nurdin.

La Ode menjelaskan bahwa InaRISK Personal merupakan aplikasi yang berisikan informasi tingkat bahaya suatu wilayah dan dilengkapi dengan rekomendasi aksi untuk melakukan antisipasi secara partisipatif. Baik aplikasi InaRISK Personal maupun Silacak langsung tersambung ke Satgas Covid-19 Pusat.

Dandim menjelaskan sistem kerja tracing yang dilakukan babinsa melalui aplikasi InaRISK. Bahwa ketika ada salah satu warga yang terkonfirmasi positif, maka yang harus dilakukan oleh babinsa adalah melacak keluarga terdekat dan tetangga (orang yang pernah berinteraksi dengan warga yang positif Covid-19 tersebut).

"Minimal 1 banding 10 (sepuluh) dan maksimal 1 banding 15 (lima belas)," jelasnya.

Tujuannya adalah untuk mendeteksi apakah warga kontak erat dengan pasien positif ikut terpapar Covid-19 atau tidak. Selanjutnya, hasil tracing itu dilaporkan kepada Satgas Covid-19 agar mendapat respons penanganan yang cepat.

"Sehingga tidak sampai menularkan kepada orang banyak. Dari aplikasi itu juga, kita bisa lakukan tracing digital," imbuhnya.

Ia berharap kepada seluruh jajaran di bawahnya untuk mengoptimalkan kinerjanya melalui sistem aplikasi tersebut, agar penanganan Covid-19 di Jember dapat berjalan optimal. Sehingga Covid-19 segera mereda. Pihaknya juga akan melakuan evaluasi terkait dengan kinerja babinsa di masing-masing wilayah. (yud/eko/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO