Lamongan Gandeng Guru Besar IPB Wujudkan Sentra Peternakan Rakyat

Lamongan Gandeng Guru Besar IPB Wujudkan Sentra Peternakan Rakyat Bupati Yuhronur saat melakukan zoom dengan Guru Besar IPB Prof. Dr. Muladno.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Setelah sukses di bidang pertanian dengan komoditas padi dan jagungnya, Pemerintah Kabupaten Lamongan ingin mengembangkannya di bidang peternakan. Untuk mewujudkannya, Pemkab Lamongan menggandeng Guru Besar Institute Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Muladno.

Selasa (27/7) pagi, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi melakukan zoom dengan Prof. Dr. Muladno untuk mengoordinasikan pembuatan Sentra Peternakan Rakyat (SPR).

Menurut Prof. Dr. Muladno, pembentukan SPR bisa meningkatkan populasi ternak di Kabupaten Lamongan serta meningkatkan pendapatan peternak.

Ia menjelaskan, SPR merupakan suatu kawasan tertentu sebagai media pembangunan peternakan dan kesehatan hewan yang di dalamnya terdapat populasi ternak tertentu yang dimiliki oleh sebagian besar pemukim di satu desa atau lebih, serta sumber daya alam untuk kebutuhan hidup ternak (air dan bahan pakan).

“Nanti pada SPR ini akan diajarkan 3 hal kepada para peternak untuk pembentukan karakter peternak melalui perubahan pola pikir, kelembagaan penerapan bisnis kolektif berjamaah, dan penguatan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ungkap Muladno.

Simak berita selengkapnya ...