Gubernur Khofifah Resmikan Stasiun Pengisian Oksigen Gratis di Malang Raya

Gubernur Khofifah Resmikan Stasiun Pengisian Oksigen Gratis di Malang Raya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali meresmikan Tempat Pengisian Oksigen Gratis Untuk Masyarakat yang melakukan Isoman Covid-19 wilayah Malang Raya, di halaman Bakorwil Malang, Senin (26/7/2021). foto: ist.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus melakukan ikhtiar untuk menangani penyebaran Covid-19. Salah satunya, dengan membuat tempat pengisian oksigen gratis sebagai langkah proaktif untuk membantu memenuhi supply kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman) maupun untuk isolasi terpusat (isoter) serta ambulans.

Tempat pengisian oksigen gratis bagi pasien isoman dan isoter Covid-19 ini sebelumnya telah dilaunching bagi warga Surabaya yang bertempat di Kantor Dinas Perhubungan Kota Surabaya, selanjutnya juga bagi warga Sidoarjo yang launchingnya bertempat di halaman Kantor Samsat Sidoarjo.

Hari ini, Senin (26/7), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali meresmikan tempat pengisian oksigen gratis untuk masyarakat yang melakukan Isoman Covid-19 wilayah Malang Raya, di halaman Bakorwil Malang.

Peresmian tersebut ditandai dengan pemutaran regulator oksigen oleh Gubernur Khofifah yang didampingi oleh Wali Kota Malang Sutiaji, Bupati Malang Sanusi, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Danrem 083 Baladika Jaya, dan Direktur RSSA Malang serta penyerahan tabung secara simbolis kepada masyarakat.

Sebagai informasi, pengisian ulang oksigen yang beroperasi 24 jam secara gratis ini dapat dimanfaatkan masyarakat yang melakukan Isoman maupun isoter. Tak hanya itu, ambulans yang sedang membutuhkan isi ulang oksigen juga dapat memperolehnya secara gratis.

Persyaratannya, masyarakat dapat terlebih dahulu mengisi formulir secara online, melalui website infocovid19.jatimprov.go.id. Di Website tersebut diharapkan bisa mencantumkan hasil PCR Test atau Swab Antigen bagi yang belum sempat menjalani PCR namun sudah membutuhkan supply oksigen.

Setelah mengisi secara online, masyarakat yang sudah mendapatkan tiket, bisa datang ke stasiun pengisian di lokasi dan waktu yang telah ditentukan. Termasuk membawa bukti PCR Test atau swab Antigen serta tabung berukuran 1 m³.

Selain itu, Pemprov Jatim juga telah menyediakan Call Center di Nomor 1500117 atau menghubungi narahubung untuk wilayah Malang Raya dengan Melyana Dwi di nomor 0852 0485 8072, Rizka Hayuna di nomor 0813 3026 1333, dan Iradian di nomor 0856 5655 5155.

Seusai peresmian, Gubernur Khofifah menjelaskan, bahwa stok oksigen saat ini dinilai cukup. Hanya kecepatan dari pemenuhan dari kebutuhan itu harus semuanya proaktif. Karenanya, ia berharap akan lebih banyak lagi tempat pengisian oksigen gratis untuk pasien yang isoman.

“Hari ini kita punya stok oksigen masih cukup besar untuk didistribusikan secara gratis kepada masyarakat yang sedang isoman/ isoter. Bagi warga Malang Raya bisa memanfaatkan fasilitas isi ulang oksigen gratis sesuai syarat yang ada dengan membawa tabung kapasitas berukuran 1 m³," jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...