Bagikan Sembako, Gus Bara Didampingi Putra Gubernur, Kiai Asep Ungkap Kunci Sukses

Bagikan Sembako, Gus Bara Didampingi Putra Gubernur, Kiai Asep Ungkap Kunci Sukses Muhammad Al-Barra (Gus Bara, baju putih) saat memberikan beras dan mie instan di kepada salah seorang di sentra PKL di Kecamatan Jetis Mojokerto, Ahad (25/7/2021). Tampak ia didampingi Ali Mannagali Parawansa (juga baju putih), putra bungsu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Foto: MMA/ BANGSAONLINE.com

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Ternyata untuk menjadi sukses itu gampang. Termasuk menjadi kaya raya sekalipun. Setidaknya itulah taushiyah Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A., Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur.

“Gampang. Asal mau berjuang. Di antaranya salat malam,” kata Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. kepada BANGSAONLINE.com usai membagikan sembako kepada para pedagang kali lima di 18 Kecamatan se-Mojokerto, Ahad (25/7/2021).

Kiai Asep memang suka sekali berbagi. Bukan hanya berbagi ilmu dan kunci sukses. Tapi juga berbagi harta atau sedekah. 

Kiai Asep membagikan sembako sebagai kompensasi terhadap penurunan omzet penjualan para pedagang kaki lima akibat kebijakan pemerintah pusat tentang PPKM Darurat yang kemudian dilanjutkan PPKM Level 4. “Semoga ini bisa sedikit meringankan beban mereka,” harap Kiai Asep.

(Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. foto: MMA/ BANGSAONLINE.com)

Ketua Umum Pengurus Pusat Guru Nadhlatul Ulama (PP Pergunu) itu mengaku bahwa sejak masa PPKM Darurat yang kemudian dilanjutkan PPKM Level 4 hingga 25 Juli telah menghabiskan sekitar 3.600 paket sembako. “Per warung atau satu pedagang kita beri 5 kilo beras dan satu dus mie instan. Mungkin bisa dimasak sampai satu minggu,” kata Kiai Asep.

“Sekarang sudah tuntas, 18 kecamatan sudah kita datangi semua,” kata Kiai Asep.

Menurut Kiai Asep, jumlah total dana yang dikeluarkan sekitar Rp 600 juta. “Tapi kalau dengan biaya operasionalnya seperti biaya relawan dan sebagainya ya sekitar Rp 1 miliar. Kan kita selalu bawa banyak orang dan banyak mobil, termasuk truk,” jelas Kiai Asep yang pada Ramadan lalu mengeluarkan sedekah dan zakat Rp 8 miliar.

Pantauan BANGSAONLINE.com, pembagian sembako itu dilakukan oleh putra tertuanya, Muhammad Al-Barra (Gus Bara) yang kini menjabat Wakil Bupati Mojokerto. Bagi-bagi sembako itu memang program Asep Saifuddin Chalim Foundation (ASC Foudantion) yang diketuai Gus Bara.

Simak berita selengkapnya ...