Kamis, 29 Juli 2021 07:21

Pemkab Sidoarjo Mulai Distribusikan Bantuan Beras Kemensos ke Warga Terdampak Covid-19

Kamis, 22 Juli 2021 23:37 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Pemkab Sidoarjo Mulai Distribusikan Bantuan Beras Kemensos ke Warga Terdampak Covid-19
BERANGKAT: Bupati Ahmad Muhdlor melepas truk yang mengangkut bantuan beras, di Gudang Bulog Sub Divre Buduran, Kamis (22/7/2021).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo mulai mendistribusikan bantuan beras dari Kemensos RI bagi warga terdampak Covid-19. Penyaluran perdana bantuan beras ini diberangkatkan oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor di Gudang Bulog Sub Divre Buduran Sidoarjo, Kamis (22/7/2021).

Bantuan beras sebanyak 830 ton itu itu diberikan kepada 83 ribu KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang tersebar di Kabupaten Sidoarjo.

Masing-masing KPM mendapatkan beras seberat 10 kilogram. Penyaluran perdana bantuan paket beras diberikan kepada KPM di Kelurahan Urangagung, Kecamatan Sidoarjo.

Kata Bupati Muhdlor, bantuan seperti ini bentuk perhatian pemerintah pusat terhadap masyarakat terdampak Covid-19. Hampir seluruh masyarakat merasakan dampak pandemi kali ini. Dampak ekonomi yang paling berat dirasakan masyarakat saat ini.

BACA JUGA : 

Simpang Siur Info Syarat Vaksin untuk Bansos, Wagub Emil Terjun ke Lokasi Penyaluran

Sidak Dapur Umum, DPRD Sidoarjo Minta Warung Makan di Desa Dilibatkan Layani Warga Isoman

Polresta Sidoarjo Bersama Dinkes Gelar Pelatihan Aplikasi Silacak kepada 347 Bhabinkamtibmas

Bulog Bangkalan Salurkan 74.837 Ribu Ton Beras ke Penerima PKH dan BST

Pemkab Sidoarjo juga akan menambah bantuan seperti ini. Telah disiapkan 100 ribu paket bagi KPM yang ada. Dalam waktu dekat bantuan dari APBD Sidoarjo tersebut akan dibagikan. "Kita akan bagi secara bertahap, pertama 35 ribu dalam minggu ini, kemudian 35 ribu, dan 30 ribu," cetusnya.

Bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Gus Muhdlor tersebut mengatakan Pemkab Sidoarjo akan terus melihat perkembangan PPKM Darurat yang saat ini menjadi PPKM Level 4 bagi Kabupaten Sidoarjo.

Apabila di tanggal 25 Juli masih menunjukkan peningkatan grafik kasus Covid-19 maka dirinya akan kembali melakukan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19. Pemkab Sidoarjo akan kembali memberikan bansos kepada masyarakat.

Namun dirinya tidak berharap peningkatan kasus Covid-19 masih terjadi usai pelaksanaan PPKM Level 4 di Kabupaten Sidoarjo.

"Pasti saya akan tambahkan lagi, saya yakin seratus ribu itu belum semua mendapatkannya," tandasnya.

Dipastikannya masyarakat terdampak langsung Covid-19 akan mendapatkan bantuan tersebut. Seperti warga yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) yang akan menjadi perhatian pertama untuk mendapatkan bantuan.

Kemudian menyusul tukang becak, ojek, serta warung-warung kelontong. Bantuan tersebut akan ditambahkannya sesuai kebutuhan yang ada namun juga melihat kekuatan anggaran Pemkab Sidoarjo.

Dengan bantuan tersebut diharapkan sementara waktu dapat meminimalisir dampak ekonomi masyarakat. "Saya yakin semua ini (bantuan) akan kurang, kita akan tambahkan sesuai kebutuhan serta kekuatan anggaran dari Kabupaten Sidoarjo," tegas Gus Muhdlor.

Kepala Bulog Sub Divre Buduran Sidoarjo M Nur Juliansyah Rahman mengatakan, penyaluran bantuan paket beras di Kabupaten Sidoarjo akan dilakukan secara bertahap.

Hari ini dilakukan di Kelurahan Urangagung Kecamatan Sidoarjo. "Ini penyalurannya kepada KPM PKH dan KPM BST (Bantuan Sosial Tunai), by-name by-address-nya sudah ada," bebernya.

Rahman menambahkan, stok beras di Bulog masih aman, tersimpan 41 ribu ton beras. Meski begitu penyerapan beras bagi kebutuhan masyarakat masih terus dilakukan.

"Inshaalloh stok kita siap, kita hari ini di Buduran masih tersimpan sekitar 41 ribu ton beras. Penyerapan beras sampai sekarang juga masih tetap berlanjut," pungkas M Nur Juliansyah Rahman. (sta/ian)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...