Kamis, 29 Juli 2021 06:00

Pemkot Batu Salurkan BST Bagi Ribuan Warga Terdampak PPKM Darurat

Kamis, 22 Juli 2021 22:50 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Pemkot Batu Salurkan BST Bagi Ribuan Warga Terdampak PPKM Darurat
Salah satu warga saat menerima BST dari petugas Kantor Pos.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Pemkot Batu kembali menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi profesi dan masyarakat Kota Batu yang terdampak PPKM Darurat. Penyaluran bantuan diberikan secara bertahap di Kantor Pos dan sejumlah kelurahan di Kota Batu, Kamis (22/7).

Penyaluran ini merupakan bantuan tahap 5 dan 6 tahun 2021 atau periode bulan Mei dan Juni dengan alokasi 7.030 penerima dari tiga kecamatan. Kecamatan Batu menyalurkan untuk 4.128 penerima,Kecamatan Bumiaji 1.625 penerima, dan Kecamatan Junrejo 1.284 penerima.

Kelompok Penerima Manfaat (KPM) terdiri dari difabel, orang sakit, atau lansia yang bantuannya diantar langsung ke rumah masing-masing. Serta untuk komunitas mikro yang dapat diambil langsung. Total bantuan yang diberikan sebesar 600 ribu rupiah untuk bulan Mei dan Juni 2021.

Kepala Dinsos Kota Batu, Ririk Mashuri menyampaikan bahwa BST bagi profesi terdampak PPKM Darurat pandemi Covid-19 di Kota Batu mulai disalurkan sejak pekan lalu. Terdapat 2.566 penerima BST yang datanya didapat dari OPD terkait.

BACA JUGA : 

Simpang Siur Info Syarat Vaksin untuk Bansos, Wagub Emil Terjun ke Lokasi Penyaluran

Peduli Warga Terdampak PPKM, Komunitas Gekrafs Batu Bagikan Ratusan Paket Sembako dan Nasi Siap Saji

Wakil Wali Kota Serahkan Hewan Kurban di Masjid Agung An-Nuur

Mensos Risma Cek Penyaluran Bansos BST, PKH, BPNT, dan BSB di Kecamatan Gubeng, Minta Dipercepat

Perlu diketahui, alokasi anggaran BST berasal dari Dana Desa (DD) sebesar Rp. 7,3 miliar untuk setahun yang diperuntukkan KPM di 19 desa yang ada di Kota Batu. Proses penyaluran BST Dana Desa tersebut sudah tersalurkan sejak bulan Januari tahun 2021 sampai dengan saat ini, atau sudah disalurkan sebesar Rp. 3 miliar.

Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko, M.Si. menyampaikan bahwa bantuan yang disalurkan merupakan upaya Pemkot Batu dalam meringankan beban masyarakat. Bantuan diberikan khusus bagi mereka yang terimbas pekerjaan atau dirumahkan akibat PPKM Darurat.

"Kami berharap bantuan yang disalurkan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Setidaknya hingga pemberlakuan PPKM Darurat berakhir," katanya.

Penyaluran bantuan dilaksanakan dengan protokol kesehatan dan berjalan dengan tertib. Masyarakat juga diimbau untuk selalu menegakkan protokol kesehatan sebagai upaya memutus penyebaran Covid-19. (asa/rev)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...