PPKM Darurat, Perpustakaan Umum Kota Kediri Tutup, Pelayanan Beralih ke Online

PPKM Darurat, Perpustakaan Umum Kota Kediri Tutup, Pelayanan Beralih ke Online Gedung Perpustakaan Umum Kota Kediri yang ditutup untuk umum mulai Senin (5/7/2021) hingga 20 Juli 2021. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Perpustakaan Umum Kota Kediri melakukan penutupan sementara untuk mendukung PPKM darurat berjalan dengan baik. Penutupan ini berlaku mulai Senin, 5 Juli kemarin sampai dengan 20 Juli 2021.

Hery Purnomo, Kepala Dinas Kearsipan dan mengatakan bahwa mulai Senin, 5 Juli kemarin sampai dengan 20 Juli 2021, Perpustakaan Umum Kota Kediri dilakukan penutupan.

"Hal ini kami lakukan sejalan dengan diberlakukannya PPKM darurat dan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Kediri," ungkap Hery Purnomo, Selasa (6/7/2021).

Hery menjelaskan, selama masa penutupan, pelayanan akan dialihkan melalui online via aplikasi E-Pusda Kota Kediri. Aplikasi ini berbasis android yang bisa diunduh melalui Google Playstore, sehingga warga dapat mengakses aplikasi tersebut tanpa harus datang ke perpustakaan.

"Untuk masyarakat yang ingin mencari buku namun tidak bisa datang ke perpustakaan dapat mengakses aplikasi kami yaitu E-Pusda Kota Kediri. Di aplikasi itu, kita dapat mencari buku-buku milik perpustakaan yang bisa kita akses untuk dibaca," kata Hery.

Saat ditanya mengenai pengembalian buku yang masih dipinjam oleh masyarakat, pihaknya mengatakan hal itu bisa dilakukan setelah pemberlakuan PPKM darurat berakhir dan tidak akan dikenakan biaya atau denda. Namun kalau kartu identitas yang digunakan untuk jaminan peminjaman buku itu akan digunakan untuk keperluan lain maka pihaknya akan tetap melayani pengembalian buku tersebut.

"Terkait pengembalian buku jika dirasa kartu identitas yang dikumpulkan sebagai jaminan itu mau digunakan untuk keperluan penting, maka peminjam segera hubungi nomor telepon yang ada pada buku yang dipinjam. Nanti tim kami akan merespons untuk melakukan pengembalian buku. Namun tetap kami sarankan agar mereka mengembalikan pada saat PPKM darurat berakhir, agar mengurangi mobilitas mereka keluar rumah," tuturnya.

Hery berharap, dengan dilakukannya penutupan Perpustakaan Umum Kota Kediri dapat membantu mengurangi penyebaran Covid-19 di Kota Kediri, dan PPKM darurat yang dilakukan pemerintah dapat berjalan dengan baik dan lancar.

"Semoga dengan penutupan perpustakaan ini dapat membantu mengurangi penyebaran Covid-19, dan pelaksanaan PPKM darurat ini bisa berjalan dengan efektif, efisien, dan lancar," pungkas Hery. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pria di Kediri Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Api':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO