Karantina Wilayah Satu RT di Setonopande, Dinsos Salurkan Bantuan Bahan Pangan

Karantina Wilayah Satu RT di Setonopande, Dinsos Salurkan Bantuan Bahan Pangan Petugas Dinsos Kota Kediri saat menyalurkan bantuan di Kelurahan Setonopande, Kecamatan Kota. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Lingkungan RT 03 RW 04 Kelurahan Setonopande, Kecamatan Kota, memberlakukan karantina wilayah skala mikro sejak Minggu (27/6) lalu. Ini setelah 11 warga di lingkungan tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

Mendukung upaya warga yang melakukan karantina mandiri, Dinas Sosial menyalurkan bantuan sosial, Senin (28/6) kemarin.

"Kami salurkan sejumlah bantuan paket sembako plus untuk memenuhi kebutuhan bahan makanan warga selama menjalani karantina," ungkap Triyono Kutut Purwanto, Kepala Dinas Sosial , Senin (28/6).

Triyono Kutut menuturkan bantuan paket sembako ini diberikan kepada total 40 kepala keluarga di lingkungan tersebut. Isi paket bantuan tersebut meliputi 20 kg beras, 3 kg telur (5 pax), 4 liter minyak goreng, 4 kaleng sarden, 2 botol kecap. Selain bahan makanan, juga disertakan sebanyak 2 box masker yang diberikan kepada setiap kepala keluarga. Bantuan tersebut disalurkan melalui kelurahan setempat untuk selanjutnya didistribusikan kepada para penerima.

Sementara itu Widyapurna Nurhuda, Lurah Setonopande mengatakan distribusi bantuan paket sembako plus ini dilakukan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Untuk teknisnya nanti kemungkinan akan kami letakkan di depan-depan rumah warga, jadi warga tinggal ngambil dan masuk lagi ke dalam rumah untuk melakukan isolasi," tuturnya.

Widya juga mengatakan masa karantina wilayah skala mikro ini akan dilaksanakan selama 14 hari, sesuai dengan peraturan dari Wali Abdullah Abu Bakar dan Gugus Tugas Covid-19 . Sedangkan bagi warga yang bekerja, pihak kelurahan siap untuk membuatkan surat izin yang menerangkan bahwa yang bersangkutan sedang menjalani isolasi.

"Kami fasilitasi surat izin bagi warga yang bekerja yang bisa digunakan sebagai keterangan izin kerja di perusahaan, kantor, atau toko tempat mereka bekerja," ujar Widya.

Adapun penjagaan karantina wilayah ini akan dilakukan selama 24 jam oleh petugas 3 pilar Kelurahan Setonopande, dibantu oleh warga sekitar di wilayah Kelurahan Setonopande.

"Kami berharap isolasi mandiri ini bisa berjalan maksimal, bantuan paket sembako bisa bermanfaat, sehingga warga yang terkonfirmasi positif dapat segera dinyatakan negatif," pungkas Widya. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peduli di Tengah Pandemi Covid-19, Wali Kota Mojokerto Gelontorkan Sembako Untuk Warga Kurang Mampu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO