​Hadir Virtual di Acara Halakah, Bupati Ipuk Ajak Guru Ngaji di Banyuwangi Manfaatkan Teknologi

​Hadir Virtual di Acara Halakah, Bupati Ipuk Ajak Guru Ngaji di Banyuwangi Manfaatkan Teknologi Acara halakah ustaz dan ustazah yang dihelat oleh Badan Koordinasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Banyuwangi di Ballroom Hotel Santika, Minggu (27/6/2021). (foto: ist)

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengajak para guru ngaji di Kabupaten Banyuwangi untuk dapat memanfaatkan teknologi guna semakin memaksimalkan pengajaran. Hal tersebut disampaikan dalam acara halakah ustaz dan ustazah yang dihelat oleh Badan Koordinasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Banyuwangi di Ballroom Hotel Santika, Minggu (27/6/2021).

"Pola pengajaran hari ini berbeda dengan masa-masa saat kita mengaji dahulu. Anak-anak saat ini sudah familiar dengan beragam teknologi informasi. Ini bisa menjadi tantangan sekaligus menjadi peluang," ungkap Ipuk yang menyampaikannya secara virtual.

Pemanfaatan teknologi informasi tersebut, lanjut Ipuk, telah menjadi keseharian anak-anak. Mulai dari beragam layanan video hingga permainan sudah akrab dengan anak-anak. "Jika kita tidak masuk dalam pemanfaatan teknologi, tidak heran jika anak-anak lebih tertarik bermain handphone-nya daripada mengaji," terangnya.

Menurutnya, adaptasi terhadap teknologi informasi tersebut, memang bukan perkara mudah. Untuk itu, perlu sinergisitas semua pihak. "Kami atas nama juga berusaha untuk bisa berkontribusi dalam peningkatan kapasitas guru ngaji. Selain dengan berbagai kerja sama pelatihan seperti ini, juga dengan pemberian insentif bagi guru ngaji. Tidak seberapa, tetapi semoga bisa turut meringankan kerja mulia para ustaz ustazah semua," tutur Ipuk.

Pada kesempatan tersebut, Ipuk juga mengajak para guru ngaji untuk turut mendoakan agar pandemi Covid-19 yang melanda Banyuwangi dapat segera usai. "Selain itu, kami memohon agar ustaz, ustazah, dapat membantu kami menyosialisasikan pentingnya disiplin menerapkan protokol kesehatan di tengah masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua BKPRMI Banyuwangi Achmad Sururuddin menjelaskan bahwa acara halakah tersebut digelar dalam rangka penguatan kapasitas guru mengaji di bawah binaannya. "Kami gelar secara rutin untuk bisa meningkatkan kapasitas para guru ngaji. Baik secara keilmuan, maupun bagaimana turut membantu kesejahteraannya," paparnya.

Para guru ngaji binaan BKPRMI ini meliputi para guru mengaji di TPQ/TPA baik yang berada di bawah naungan Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, maupun ormas Islam lainnya. "Tidak kurang dari 2.000 guru ngaji yang tergabung dalam BKPRMI ini," pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, K.H. Mukhdlar Atim, Katib Syuriyah PCNU Banyuwangi Kiai Sunandi Zubaidi, Ketua PD Muhammadiyah Banyuwangi Dr. Mukhlis, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Banyuwangi Syaerozi, Kasi Pontren Kemenag Banyuwangi H. Mastur, dan Anggota DPRD Banyuwangi Basir. Tak kurang dari 150 ustaz/ustazah se-Banyuwangi juga turut hadir dalam kegiatan tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (guh/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO